Konsistensi BUMI Dorong Keberlanjutan Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat

Kegiatan membersihkan pantai
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – Konsistensi PT BUMI Resources Tbk (BUMI) dalam mendorong pemberdayaan masyarakat, serta kontribusi terhadap lingkungan seperti mengurangi efek rumah kaca melalui langkah konservasi mangrove baru-baru ini berbuah apreasiasi. Grup Bumi meraih Anugerah Ekonomi Hijau untuk Program Konservasi Lingkungan dan Ketahanan Ekonomi Masyarakat.

Anak Usaha BRMS Tunjuk Macmahon Indonesia Jadi Kontraktor Tambang Emas Poboya

VP Investor Relations & Chief Economist BUMI, Achmad Reza Widjaja menyatakan, BUMI senantiasa berusaha memberikan dampak positif baik bagi lingkungan maupun masyarakat sekitar tambang, yang sekaligus hadir dalam penyerahan penghargaan tersebut.

“Kami memiliki komitmen nyata dalam keberlanjutan lingkungan, konservasi dan efisiensi dalam penggunaan sumber daya alam, serta melakukan pelestarian keanekaragaman hayati,” tutur Reza dalam keterangannya, Kamis, 15 Agustus 2024.

Luncurkan Kuta Pledge, Binus University Dorong Kolaborasi Multi-Sektor di Bidang Keberlanjutan

Ilustrasi tanam mangrove

Photo :
  • Dokumentasi

BUMI juga memiliki program yang berpusat di Kawasan Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat, sebagai wujud komitmen menjaga keberlanjutan lingkungan dan memberdayakan masyarakat lokal. Kegiatan yang dilakukan antara lain, melalui aksi tanam 10.000 pohon mangrove hingga kegiatan bersih Pantai Muara Bungin, sedangkan pemberdayaan masyarakat dilaksanakan melalui rangkaian pelatihan dan pendampingan usaha untuk mendorong peningkatan perekonomian warga.

Dampak Bulan Menjauh dari Bumi

Program penanaman pohon mangrove kali ini dilaksanakan sejak kick off pada Februari lalu dan dituntaskan pada bulan Juli, bekerja sama dan didampingi oleh Perum Perhutani serta Institut Pertanian Bogor.

Sebanyak 10.000 bibit pohon mangrove telah ditanam di area seluas lebih dari 10 hektare di Muara Gembong. Mangrove, yang berperan signifikan untuk mencegah erosi, menyerap karbon, serta menyediakan habitat bagi berbagai spesies laut. Sedangkan untuk kegiatan membersihkan pantai, relawan BUMI lintas divisi telah bekerja sama dengan masyarakat setempat, dari Kelompok Mutiara Bungin Jaya dan Kelompok Tani Hutan Mina Bakti. 

Kegiatan yang berpusat di Pantai Muara Bungin, Kec. Muara Gembong, Bekasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya menjaga kebersihan laut, serta menanamkan edukasi dalam hal memisahkan sampah organik dan anorganik. 

Selain mengajak masyarakat untuk menjaga keberlanjutan lingkungan, BUMI juga memberikan pelatihan peningkatan kapasitas untuk kelompok masyarakat setempat. Pelatihan ini membantu warga mengembangkan keterampilan baru serta pengetahuan untuk berkontribusi lebih efektif dalam peningkatan sosial ekonomi.

Melalui pelatihan tersebut, kelompok binaan BUMI, Mutiara Bungin Jaya telah berhasil melahirkan produk kuliner unggulan berupa bandeng gepuk dan budidaya kepiting soka dimana kegiaan tersebut terkait erat dengan ekosistem mangrove yang baik. Selain meningkatkan pendapatkan masyarakat, olahan ini juga dapat mengangkat dan mempromosikan potensi kuliner lokal sebagai ciri khas Desa Pantai Bakti. 

Chief Economist & Vice President (VP) Investor Relations PT Bumi Resources Tbk (BUMI) Achmad Reza Widjaja.

Chief Economist & Vice President (VP) Investor Relations PT Bumi Resources Tbk (BUMI) Achmad Reza Widjaja.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Lebih jauh, Achmad Reza mengatakan, BUMI bersama unit usahanya, akan terus berinovasi dan mendukung target pembangunan berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs) berikut program pemerintah dalam mewujudkan prinsip-prinsip tersebut. 

“Komitmen untuk memberdayakan masyarakat juga menjadi Core Competence yang telah tertanam, sehingga BUMI dan unit usahanya terus menjalankan praktik-praktik dalam rangka menciptakan kemandirian masyarakat,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya