Impor Pakaian Jadi ke RI Naik, Dibanjiri Barang China hingga Vietnam

Pakaian Bekas Impor (foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Jakarta, VIVA – Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan, pakaian impor masih masuk ke Indonesia. Pada Juli 2024 ini, impor pakaian masuk ke RI bahkan mengalami kenaikan. 

Korban Tewas Akibat Topan Yagi di Vietnam Bertambah Jadi 262 Orang

Plt Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan, impor pakaian jadi dan aksesoris rajutan (HS 61) pada Juli 2024 tercatat meningkat 55,46 persen bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Selain itu terang Amalia, impor pakaian jadi bukan rajutan (HS 62) naik sebesar 29,01 persen bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Promo Tiket Pesawat Murah, ke Vietnam Mulai dari Rp0

“Untuk HS 61 utamanya berasal dari China, Vietnam, Bangladesh, Turki dan Italia. Semnetara  itu HS 62 utamanya berasal dari China, Bangladesh, Vietnam, Hongkong dan Maroko,” ujar Amalia dalam konferensi pers, Kamis, 15 Agustus 2024.

Ilustrasi ekspor impor.

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa
Bertemu Ketua Majelis Nasional Vietnam, Prabowo Bahas Potensi Kerja Sama Kedua Negara

Adapun secara kumulatif jelasnya, impor pakaian dan aksesoris rajutan atau HS 61 dari China ke Indonesia turun 4,75 persen sepanjang Januari-Juli 2024.

Amalia mengatakan, komoditas impor dari China yang mengalami penurunan terbesar pakaian aksesoris yang bukan rajutan HS 62, yang mana turun sebesar 7,17 persen. Dalam hal ini paling banyak dari berbahan non katun HS 62121099.

"Peningkatan impor ini relatif dipengaruhi oleh proses pengiriman kebutuhan untuk stok yang mungkin tiap bulan akan berbeda,” imbuhnya.

Chongqing Tiongkok

Bursa Asia Bervariasi usai China Rilis Data Ekonomi Tidak Sesuai Ekspektasi

Bursa Asia bergerak beragam saat pembukaan pasar pada Senin (16/9/2024) pagi. Investor kecewa terhadap serangkaian data ekonomi yang dirili China pada akhir pekan lalu.

img_title
VIVA.co.id
16 September 2024