6 Rekomendasi Platform Investasi Kripto Terpercaya, Pemula Wajib Tahu!

Bitcoin, Etherium, dan aset kripto.
Sumber :
  • Business Today

Jakarta, VIVA – Investasi aset kripto semakin populer di kalangan investor tanah air. Cryptocurrency atau kripto menawarkan potensi keuntungan yang tinggi, teknologi blockchain yang inovatif, dan sifatnya yang desentralisasi. 

IHSG Diprediksi Lanjutkan Kenaikan, Intip Rekomendasi Saham Potensial Cuan

Namun, perlu diingat investasi kripto memiliki risiko relatif tinggi karena tingkat fluktuasi yang bergejolak. Oleh karena itu, penting Anda melakukan riset yang mendalam sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

Investasi kripto dapat dilakukan melalui aplikasi. Banyaknya platform investasi kripto yang beredar kerap menyulitkan dan menjadi tantangan tersendiri, khususnya bagi pemula.

IHSG Diproyeksi Bergerak Naik, Intip Saham Potensial Cuan

Ilustrasi representasi mata uang kripto.

Photo :
  • ANTARA/REUTERS/Dado Ruvic/Ilustrasi

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) sebagai lembaga yang bertugas melakukan pengawasan perdagangan berjangka, termasuk keamanan transaksi kripto di Indonesia. 

5 Aset Kripto Tetap Perkasa Meski Kondisi Pasar Anjlok, Investor Bisa Untung hingga 50 Persen

Dikutip dari keterangan Bappebti, nilai transaksi aset kripto pada tahun 2021 sebesar Rp 859,4 triliun atau melonjak 1.224 persen dibandingkan tahun 2020 sebesar Rp 64,9 triliun. 

Berdasarkan regulasi Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 bahwa aset kripto hanya dapat diperdagangkan di pasar fisik aset kripto. Bappebti merilis calon pedagang fisik aset kripto (CPFAK) maupun Pedagang Fisik Aset Kripto sebagai platform transaksi kripto, sebagai berikut.

1. Pluang

Pluang dikembangkan PT Bumi Santosa Cemerlang dan resmi terdaftar di Bappebti sebagai pedagang fisik aset kripto sejak 1 Agustus 2024. Fitur-fitur Pluang, seperti Advance Order, Chart Teknikal, Leverage hingga pemberitahuan perihal perubahan harga serta momentum jual-beli aset. Fitur tersebut membantu Anda untuk memantau pergerakan harga aset kripto maupun menentikan waktu ideal untuk memperoleh keuntungan optima. 

2. Pintu

PT Pintu Kemana Saja atau Pintu merupakan platform antarmuka yang user-friendly, aplikasi Pintu menjadi pilihan populer bagi pemula untuk berinvestasi kripto. Aplikasi Pintu terdaftar sebagai pedagang fisik aset kripto pada 1 Agustus 2024.

Platform ini menawarkan berbagai fitur, seperti pembelian kripto secara otomatis dan fitur staking untuk menghasilkan passive income.  Adapun fitur sosial untuk berdiskusi dengan sesama pengguna. Sehingga membuka pemikiran lebih matang dalam mengambil keputusan.

3. Tokocrypto

Tokocrypto merupakan platform kripto yang fokus pada pasar Indonesia yang terdaftar pada 21 November 2019 dengan nama PT Aset Digital Berkat. Selain menyediakan layanan jual beli kripto, Tokocrypto juga menawarkan berbagai program menarik seperti staking dan lending. Tak hanya itu, Tokocrypto juga memiliki program edukasi untuk membantu pengguna memahami lebih dalam tentang dunia kripto.

Indodax.

Photo :
  • Dok. Indodax

4. Indodax

Indodax (PT Indodax Nasional Indonesia) dapat disebut sebagai pionir perdagangan Bitcoin di Indonesia. Indodax menawarkan berbagai pilihan koin kripto dengan fitur keamanan yang mumpuni. 
Platform yang sudah terdaftar di Bappebti sejak 31 Januari 2020 ini juga menyediakan berbagai informasi edukasi untuk membantu pengguna memahami dunia kripto serta event dan promo menarik untuk para penggunanya. 

5. Luno

Aplikasi Luno dikembangkan PT Luno Indonesia Ltd sudah tercatat sebagai CPFAK di Bappebti sejak 31 Maret 2020. Sebagai platform untuk transaksi kripto, Luno menawarkan berbagai fitur keamanan dan layanan konsumen yang responsif.

6. Zipmex

PT Zipmex Exchange Indonesia membuat aplikasi Zipmex sebagai platform investasi kripto yang beroperasi di beberapa negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Zipmex terdaftar di Bappebti sebagai CPFAK pada 24 Februari 2020. 

Platform ini menawarkan berbagai produk keuangan berbasis kripto, seperti trading spot, margin trading, dan lending. Zipmex juga mempunyai fitur menarik seperti Zipmex Earn.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya