Dilantik Zulkifli Hasan, Eks Kapolda Jateng Ahmad Luthfi Jadi Irjen Kemendag

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan lantik pejabat baru Kemendag (dok: Kemendag)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta, VIVA – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas melantik tujuh pimpinan tinggi madya Kementerian Perdagangan. Sementara itu, mantan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi pun dilantik sebagai Inspektur Jenderal Kemendag, atau menjadi pejabat stuktural eselon I.

Dulu Kawan Sekarang Lawan, Intip Profil Letjen TNI (Purn) Anto Mukti yang Jadi Timses Ahmad Luthfi

Pelantikan dilakukan di kantor Kemendag, Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2024. Dalam pelantikan tersebut, Zulhas berpesan kepada para pejabat yang dilantik agar waspada, peka, dan responsif dalam menjalankan tugas.

“Pertama, saya ucapkan selamat kepada saudara-saudara yang baru saja dilantik di delapan bidang. Kedua, sudah beberapa kali bapak Presiden menyampaikan, dalam keadaan geopolitik dan ekonomi dunia yang tidak baik-baik saja, kita semua harus selalu memiliki kewaspadaan. Artinya, dalam keadaan tidak baik tetap harus selalu waspada dan peka terhadap hal-hal yang terjadi. Sehingga, kita bisa merespons cepat. Hal itulah yang menjadi tugas Saudara-Saudara yang baru saja dilantik," kata Mendag Zulhas.

Pemerintah Atur Tata Niaga Kratom, Cuma Boleh Ekspor Bukan Digunakan Dalam Negeri

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi

Photo :
  • tvOne/Tri Handoko

Zulhas mengatakan, pegawai Kemendag harus mempersiapkan sebaik-baiknya pemerintahan yang akan datang. Menurutnya, pergantian presiden dari Presiden Joko Widodo ke presiden terpilih Prabowo Subianto harus dapat mempersiapkan dasar yang kokoh untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju. 

5 Jenderal di Tim Pemenangan Luthfi-Taj Yasin Lawan Andika-Hendi, Ada Eks KSAD dan Kapolri

Ia berharap, dasar yang kokoh akan membawa Indonesia lepas landas menjadi negara maju tepat 100 tahun Indonesia merdeka. "Tugas kita tinggal menghitung hari. Harus betul-betul bisa dipersiapkan sebaik-baiknya," terangnya. 

Mendag Zulkifli Hasan berharap, pejabat yang dilantik hari ini dapat mengemban tugas dengan baik dan sukses sehingga membawa Indonesia menjadi negara maju.  "Selamat mengemban tugas. Semoga kita semua sukses dan menjadikan negara kita negara maju," imbuhnya. 

Untuk pelantikan Inspektur Jenderal Kemendag didasarkan pada Keputusan Presiden RI Nomor 65/TPA Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Perdagangan tertanggal 29 Mei 2024. 

Sementara itu, pelantikan ketujuh Pejabat Eselon I lainnya didasarkan pada Keputusan Presiden RI Nomor 100/TPA Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Perdagangan tertanggal 6 Agustus 2024.

Berikut pejabat pimpinan tinggi madya yang dilantik:

1. Irjen Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.St.Mk., S.H. sebagai Inspektur Jenderal.

2. Dr. Budi Santoso, M.Si. sebagai Sekretaris Jenderal 

3. Moga Simatupang, S.Sos. sebagai Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri 

4. Dr. Rusmin Amin, S.Si., M.T. sebagai Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga.

5. Drs. Isy Karim, M.Si. sebagai Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri

6. Mardyana Listyowati, S.H., M.SE. sebagai Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional.

7. Dr. Ir. Kasan, M.M. sebagai Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi sebelumnya merangkap Kepala Badan Kebijakan Perdagangan.

8. Fajarini Puntodewi, S.H., M.Si. sebagai Kepala Badan Kebijakan Perdagangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya