Investasi Asing Langsung Belum Masuk ke IKN, Jokowi: Yang Lokal Masih Banyak

Presiden Jokowi di IKN.
Sumber :
  • Antara.

Penajam Paser Utara, VIVA – Presiden Joko Widodo mengungkapkan alasan mengapa investasi asing langsung atau Foreign Direct Investment  (FDI) belum masuk di Ibu kota negara (IKN) Nusantara saat ini. Keberadaan investor domestik pun jadi sorotan.

Kementerian PUPR: 47 Tower Rusun ASN di IKN Rampung Desember 2024

Menurut Jokowi, banyaknya keberadaan investor lokal yang berpotensi menanamkan modal di IKN. Pemerintah pun memberikan prioritas khusus.

“Kita ini yang lokal aja masih banyak, mestinya diberikan prioritas yang domestik dulu,” ujar Jokowi setelah meresmikan Plaza Seremoni Sumbu Kebangsaan di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Rabu, 14 Agustus 2024.

Istana Tegaskan Presiden Jokowi Tak Cawe-cawe soal Terpilihnya Anindya Bakrie jadi Ketua Kadin

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengatakan bahwa setelah 17 Agustus, akan terus diadakan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan proyek di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

Presiden Jokowi Meresmikan Plaza Seremoni Sumbu Kebangsaan IKN Nusantara

Photo :
  • Tangkapan Youtube Sekretariat Presiden
Menteri Basuki Meninjau Jalan Tol 6B dan Akses Tol IKN 6C Target Selesai Juni 2025

Lebih lanjut dia mengatakan, dari 472 letter of intent (LOI) yang terus diseleksi Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), kata Jokowi, ada 10 yang langsung mulai.

“Antre, mereka antre. Hanya perlu diseleksi, kan tidak semua diberi kesempatan untuk masuk ke sini (IKN),” kata Jokowi.

Sebelumnya, dalam sidang kabinet paripurna perdana di Ibu Kota Nusantara, awal pekan ini, Jokowi mengatakan bahwa investasi yang sudah masuk untuk pembangunan IKN sebesar Rp56,2 triliun, di luar anggaran dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Jokowi memaparkan bahwa sudah terdapat 55 investor yang melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama, yakni dari sektor pendidikan terdapat 6 investor, dari sektor kesehatan terdapat 3 investor, ritel dan logistik terdapat 10 investor.

Lebih lanjut, dari perhotelan terdapat delapan investor yang sudah melakukan peletakan batu pertama, di sektor energi dan transportasi terdapat 2 investor, kantor dan perbankan terdapat 14 investor, hunian dan area hijau terdapat 9 investor, serta media dan teknologi terdapat 3 investor.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia mengatakan sekitar empat perusahaan asing akan berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Investasi asing tersebut akan mulai masuk ke IKN pada klaster kedua investasi.

Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia saat konferensi pers di kantornya, Senin, 29 Juli 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Terkait dengan negara asal, Bahlil mengatakan Jepang dan Korea Selatan akan masuk ke IKN untuk membangun properti. Saat ini, fokus dari pembangunan IKN masih berpusat di sektor properti dan fasilitas umum.

Ketika disinggung terkait investasi asal Dubai, Uni Emirat Arab, Bahlil mengatakan harus memeriksa datanya untuk memastikan. “Nanti saya cek nama-namanya, tapi yang tadi saya lihat itu Jepang dan Korea masuk,” ucap Bahlil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya