Catat! Ini Daftar Pinjol Legal Tanpa Cek Riwayat Kredit di OJK

Ilustrasi pengguna ponsel.
Sumber :
  • JagaJaga

Jakarta, VIVA – Saat ini pinjaman online (pinjol) sangat diminati masyarakat, karena menawarkan solusi praktis untuk memenuhi kebutuhan pendanaan jangka pendek. Meskipun menawarkan kemudahan dalam proses pengajuan dan kecepatan pencairan pinjaman atau kredit, perusahaan pinjol legal biasanya tetap mengedepankan prinsip kehatian-hatian.

Gen Z dan Milenial Sumbang Kredit Macet 31,17 Persen di Fintech P2P Lending

Hal ini dilakukan agar terhindar dari kasus pengembalian kredit oleh nasabah atau debitur tidak lancar membayar atau bahkan macet.

Lazimnya, lembaga keuangan, termasuk pinjol legal, memanfaatkan layananan yang telah disediakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mengetahui riwayat kelancaran pembayaran kredit oleh calon debitur, apakah pernah menunggak atau bahkan macet. Layanan dimaksud adalah Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

Mudahnya Pinjam Uang Online di Bank Digital

Meskipun SLIK kini dikelola OJK, namun masyarakat umumnya lebih mengenal dengan istilah BI Checking. Sebab, sebelum OJK hadir, pengawasan perbankan menjadi wewenang Bank Indonesia (BI), yang di dalamnya mencakup BI Checking sebagai mekanisme untuk melihat riwayat kelancaran kredit seorang debitur. Namun, tetap saja istilah BI Checking lebih populer ketimbang SLIK OJK.

Untuk menarik minat calon debitur, beberapa pinjol yang terdaftar dan berizin ada yang menawarkan produk pinjaman tanpa melibatkan SLIK OJK, sehingga memberikan alternatif bagi mereka yang memiliki riwayat kredit kurang baik. Namun, masyarakat wajib memahami bahwa meskipun tanpa pengecekan di SLIK OJK, perusahaan pinjol tetap memiliki mekanisme untuk menilai apakah seorang calon debitur layak untuk diberi pinjaman.

Ditagih DC Pinjol Padahal Tak Pernah Mengajukan Pinjaman, Harus Apa?

Artinya, calon debitur tetap harus memenuhi persyaratan untuk dapat menerima kredit. Sebab, perusahaan pinjol legal wajib menerapkan prinisp kehati-hatian dalam menyalurkan dana mereka ke calon debitur.

Daftar Pinjol Tanpa BI Checking 

1. KoinWorks


Di urutan pertama, ada KoinWorks. Platform ini menawarkan pinjaman dengan berbagai opsi, dan meskipun mereka mungkin melakukan verifikasi kredit, mereka tidak selalu mengandalkan SLIK OJK sebagai syarat utama. 

2. UangMe

UangMe memberikan kemudahan akses pinjaman tanpa harus melalui proses yang ketat, sehingga memudahkan peminjam untuk mendapatkan dana dengan cepat.

3. Tunaiku


Selanjutnya, ada Tunaiku. Sebagai salah satu layanan pinjaman online terpercaya dan terdaftar di OJK.

4. Akulaku

Menawarkan berbagai produk keuangan, Akulaku memberikan pilihan pinjaman yang mungkin tidak memerlukan cek skor kredit, sehingga lebih fleksibel untuk berbagai profil peminjam.

5. Dana Cepat

Sesuai namanya, pinjol ini fokus pada proses yang cepat dan tidak memerlukan proses rumit, sehingga memungkinkan akses dana dengan prosedur yang lebih sederhana. 

6. Julo

Julo juga dikenal dengan proses pinjaman yang mudah dan tidak selalu memerlukan persyaratan rumit untuk persetujuan pinjaman. 

7. PinjamYuk

Platform pinjol ini bertujuan mempermudah akses pinjaman, sehingga biasanya tidak melibatkan skor kredit dalam penilaian aplikasi pinjaman.

Itulah daftar pinjol tanpa pengecekan skor kredit yang bisa Anda pertimbangkan. Pastikan untuk membaca dan memahami syarat serta ketentuan sebelum menyetujui untuk menggunakan dana pinjaman online. Anda juga memerlukan beberapa pertimbangan sebelum akhirnya memilih untuk menggunakan pinjol demi mengatasi masalah keuangan Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya