Mau Kaya Raya? Tiru 5 Kebiasaan Hemat ala Mark Cuban

Kebiasaan Frugal Living Mark Cuban
Sumber :
  • Yahoo Finance

Jakarta, VIVA – Kebiasaan hemat atau lebih dikenal frugal living jadi gaya hidup yang dilirik mengingat situasi ekonomi yang semakin tak stabil. Berhemat jadi salah satu solusi untuk bisa hidup layak di tengah badai inflasi dan PHK massal.

Selena Gomez Jadi Miliarder Termuda di AS dengan Jumlah Harta Rp20 Triliun, Intip Sumber Kekayaannya

Selain untuk berhemat, frugal living juga dinilai dapat mendukung membangun kekayaan hingga meraih kebebasan finansial (financial freedom). Meskipun sudah tajir, banyak orang kaya yang menerapkan kebiasaan hemat ini. Mulai dari Warren Buffet hingga Bill Gates. 

Pengusaha dan investor sukses Amerika Serikat Mark Cuban juga memiliki gaya frugal living menarik. Kebiasaan hemat ini membawa Cuban menjadi salah satu orang paling tajir di AS. Cuban mengatakan dia adalah orang yang pelit sebelum menjadi miliarder.  

Penjual Nasi Goreng Sukses Jatuh Bangkrut Usai Viral di Media, Diduga Karena Penyakit Ain

Mengutip Yahoo Finance, berikut kebiasaan-kebiasaan hemat yang dilakukan Mark Cuban. Jadi penopang membangun kekayaannya saat ini. Penasaran? Scroll terus ya!

1. Pilih Membeli Mobil Bekas 

Strategi Terapkan Frugal Living agar Terhindar dari Utang Pinjaman Online

Bursa mobil bekas. Foto ilustrasi.

Photo :
  • Adhisata.com

Cuban lebih memilih mobil bekas dengan harga sangat murah hingga usia 25 tahun. Menurut pengakuannya, tidak ada satu pun mobil miliknya yang harganya lebih dari US$ 200 atau Rp 3,17 juta. 

Keputusan Cuban membeli mobil murah bertujuan guna menghemat uang sehingga ia dapat fokus mengumpulkan dana untuk masa pensiun. Salah satu roda empat miliknya adalah Fiat X1/9 yang terdapat lubang di lantai mobilnya. 

Prinsip ini ia terapkan setelah membaca buku karya Paul Terhorst berjudul “Cashing in on the American Dream: How to Retire at 35”. Asumsinya adalah Anda dapat pensiun jika Anda menemukan cara untuk hidup hanya dengan US$ 50 sehari dan jika Anda disiplin dalam cara Anda membelanjakan dan menabung uang Anda.

2. Berburu Diskon di Tengah Malam

Ilustrasi diskon atau sale.

Photo :
  • Pixabay

Cuban mengaku dirinya masih pergi mencari makan di tengah malam saat berusia dua puluhan. Menurut Cuban, waktu tersebut merupakan waktu terbaik untuk mencari diskon makanan. Ia hanya mengeluarkan US$ 1,29 untuk sepotong ayam dan sekantong kentang goreng.

3. Hidup Mandiri

Meskipun sudah menjadi miliarder yang lekat dengan puluhan pelayan dan staf untuk membantunya, Cuban malah memilih hidup mandiri. Dalam sebuah podcast bersama Bobbi Althoff, Cuban mengaku dia tidak memiliki pelayan satu pun. Cuban masih mencuci pakaiannya sendiri sampai saat ini. Hal itu pun ia ajarkan kepada anak-anaknya untuk mengerjakan semua urusan pribadi sendiri. 

4. Membeli Barang Grosir

Kebiasaan lain yang Cuban lakukan untuk menghemat uangnya adalah membeli barang habis pakai dalam jumlah besar alis grosir. Menurutnya, membeli barang dalam jumlah banyak dinilai lebih menguntungkan daripada membeli satuan.  Selain itu, harga barang rumah tangga ini juga berpotensi naik sehingga dengan membeli sekaligus bisa untuk 'tabungan' di bulan selanjutnya. 

5. Tinggal Bersama di Kontrakan

Di awal kariernya, Cuban menuturkan masih mengadaptasi hidup ala mahasiswa. Cuba tinggal di apartemen di Dallas bersama tiga kamar tidur bersama lima teman lainnya. Bagi Cuban dengan hidup layaknya mahasiswa akan menahan dirinya hidup di luar kemampuannya. 

"Saya tidak punya kamar tidur sendiri. Saya tidur di sofa atau lantai tergantung jam berapa saya sampai di apartemen," ucap Cuban. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya