Kemenkeu Rogoh Kocek hingga Rp 87 Miliar Rayakan HUT RI ke-79 di IKN

[dok. Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati beserta jajarannya, dalam Konferensi Pers APBN KITA Edisi Agustus 2024 di kantornya, Selasa, 13 Agustus 2024]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta, VIVA – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah menganggarkan dana hingga Rp 87 miliar, untuk menggelar perayaan HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Jika Prabowo Subianto Tambah Kementerian, Anggaran di APBN 2025 Tetap Aman

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Isa Rachmatarwata mengatakan, anggaran tersebut lebih tinggi dibandingkan anggaran untuk perayaan HUT RI ke-78, yang digelar di Jakarta tahun lalu.

"Tahun ini kami menyiapkan anggaran Rp 87 miliar untuk kegiatan perayaan 17-an di IKN. Kalau dibanding tahun lalu (perayaan HUT RI ke-78) di Jakarta, itu Rp 53 miliar," kata Isa dalam Konferensi Pers APBN KITA Edisi Agustus 2024 di kantornya, Selasa, 13 Agustus 2024.

Indonesia's State Palace in Nusantara Aims for Public-friendly Model

Dia menjelaskan, naiknya anggaran perayaan HUT RI ke-79 di IKN itu, adalah akibat pengadaan sarana dan prasarana bagi kebutuhan penyelenggaraan acara tersebut. Misalnya seperti pengadaan alat-alat upacara yang baru, serta penyiapan sarana fisik yang memang diperlukan untuk menggelar HUT RI pertama di ibu kota baru itu.

Masyarakat adat di Kalimantan Timur menyatakan siap menyukseskan acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito
Soal Kenaikan Anggaran Polri Jadi Rp 126 T, Pengamat: Tak Perlu Dipermasalahkan

"Kenaikan (anggaran)-nya memang terutama karena pengadaan alat-alat upacara yang baru di IKN. Terutama rincian biaya yang besar itu untuk alat-alat upacaranya, kemudian penyiapan sarana fisiknya itu yang memang perlu dilakukan di tempat yang baru di sana," ujar Isa.

Selain itu, anggaran untuk menyiapkan jamuan bagi para tamu dan seluruh peserta upacara, diakui Isa juga telah memakan porsi anggaran yang cukup besar.

"Jamuan juga cukup besar dibanding di Jakarta. Terutama mungkin karena memang lokasinya belum tersedia cukup sarana-prasarana untuk jamuan ini," ujarnya.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Diketahui, sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpendapat bahwa kenaikan anggaran untuk Upacara HUT RI Ke-79 adalah hal yang wajar. Mengingat, upacara tahun ini diselenggarakan di dua lokasi, yaitu di IKN Kalimantan Timur dan di Istana Merdeka, Jakarta.

"Iya, namanya dulu hanya di satu tempat. Ini karena ada transisi sehingga menjadi di dua tempat," ujar Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya