Kumpulkan Kepala Daerah Se Indonesia di IKN, Jokowi Wanti-wanti Ini soal Transportasi Publik

Jokowi kasih pengarahan ke kepala daerah se Indonesia di IKN.
Sumber :
  • Tangkapan layar.

Penajam Paser Utara, VIVA – Presiden Joko Widodo mewanti-wanti para kepala daerah di seluruh Indonesia hati-hati dalam membangun transportasi publik. Kesiapan APBD ditegaskan harus dipastikan guna menunjang operasionalnya.

Istana Tegaskan Presiden Jokowi Tak Cawe-cawe soal Terpilihnya Anindya Bakrie jadi Ketua Kadin

Hal itu ditegaskan Jokowi saat memberikan pengarahan kepada para pempinan daerah di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, pagi ini, Selasa, 13 Agustus 2024.

"Kota-kota yang sudah mulai macet mulai harus dipikirkan transportasi massalnya apa," ungkap Jokowi.

Menteri Basuki Meninjau Jalan Tol 6B dan Akses Tol IKN 6C Target Selesai Juni 2025

Jokowi menjabarkan, biaya pembangunan dan operasional transporatasi masal yang ada di Jakarta saat ini.  MRT misalnya, dia mengatakan bahwa pembangunan menghabiskan sekitar Rp 2,3 triliun per kilometernya.

MRT Jakarta

Photo :
  • Istimewa
Menteri Basuki Perkenalkan KIPP IKN dalam Kunjungan Komisi V DPR RI dan Kapolri

"Harus ada APBD yang menutup operasional. Contoh MRT (operasionalnya) Rp 800 miliar per tahun, ketika semua jalur kelar, APBD harus keluar Rp 4 triliun," tambahnya.

Karena itu Jokowi menegaskan, pemda harus siap dalam mengalokasikan anggaran operasional transportasi masal yang dibangunnya. Harus ada kebijakan public service obligation (PSO) yang disiapkan.

Progres pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jakarta Fase 1B rute Velodrome-Manggarai, Jakarta Timur capai 23,15 persen

Photo :
  • Dok. Waskita

Dalam kesempatan itu, Jokowi pun menanyakan daerah mana yang sanggup membangun MRT. Kesiapan APBD pun kembali ditekankan.

"Ada yang sanggup? Bali? hati-hati, mungkin bisa bangunnya tapi operasionalnya besar, Karena MRT, LRT dan Kereta Cepat itu semuanya rugi semua," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya