Rupiah Dibuka Menguat di Level Rp 15.936 Per Dolar AS

Uang dolar AS dan rupiah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.

Jakarta, VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Selasa, 13 Agustus 2024. Rupiah menguat sebesar 20 poin atau 0,12 persen ke posisi Rp 15.936 per dolar AS.

Rupiah Pagi Ini Menguat ke Rp 15.428 per Dolar AS

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.963 per dolar AS. 

Analis PT Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi memperkirakan nilai tukar rupiah akan ditutup menguat terhadap dolar AS pada hari ini

Rupiah Pagi Ini Menguat ke Level Rp 15.455 per Dolar AS

"Mata uang rupiah fluktuatif namun ditutup menguat," kata Ibrahim dalam risetnya Selasa, 13 Agustus 2024.

Ilustrasi uang rupiah

Photo :
  • ANTARA
IHSG Diproyeksi Bergerak Naik, Intip Saham Potensial Cuan

Ibrahim menyoroti soal proyeksi IMF terhadap ekonomi Indonesia. Lembaga ini meramalkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tertahan di level 5,1 persen hingga 2029. 

"Artinya, terdapat kemungkinan periode pertama pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan tren pertumbuhan ekonomi di kisaran 5 persen. Secara keseluruhan, IMF menilai kerangka kebijakan fiskal, moneter, dan keuangan Indonesia telah memberikan landasan bagi stabilitas makro dan manfaat sosial," ujarnya. 

Rupiah melemah terhadap dolar AS.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU/aa

Adapun untuk hari ini mata uang rupiah terhadap dolar AS diperkirakan akan ditutup menguat direntang Rp 15.900-Rp 15.090.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya