Perhutani Buktikan Perhutanan Sosial Sukses Dongkrak Pemberdayaan Masyarakat

Perhutani galakkan program perhutanan [dok. Humas Perum Perhutani]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta, VIVA – Perum Perhutani menegaskan komitmennya untuk terus mendukung pemerintah, dalam kerja-kerja perbaikan tata kelola lingkungan hidup dan kehutanan. Salah satunya lewat perhutanan sosial.

IFG dan Telkomsel Genjot Pengembangan Ekosistem Digital Layanan Keuangan

Hal itu diungkapkan Direktur Utama Perum Perhutani, Wahyu Kuncoro. Diketahui, Dalam satu dekade terakhir pemerintah telah melakukan kerja lingkungan dengan responsif, adaptif, dan progresif, yang diwujudkan dengan upaya perbaikan tata kelola lingkungan hidup dan kehutanan.

"Program Perhutanan Sosial telah terbukti mampu meningkatkan pemberdayaan masyarakat, dalam mengelola hutan bersama negara," kata Wahyu dalam keterangannya, Senin, 12 Agustus 2024.

Greeneration Foundation Target Kumpulkan Rp1,2 Triliun per Tahun untuk Atasi Perubahan Iklim

Wahyu Kuncoro ditunjuk sebagai direktur utama Perum Perhutani

Photo :
  • Istimewa

Dia menambahkan, Perhutani juga terus mengembangkan kemitraan bersama masyarakat desa hutan, melalui program Kemitraan Kehutanan Perhutani Produktif. "Ini merupakan langkah nyata kami untuk mendukung program pemerintah, dalam hal perbaikan tata kelola lingkungan hidup dan kehutanan," ujarnya.

KAI Logistik Catat Kinerja Angkutan Limbah B3 Meningkat Signifikan

Dengan sejumlah komitmen tersebut, kemitraan Perhutani pun berhasil mendapatkan penghargaan dalam Festival LIKE 2 2024, yang berlangsung sejak 8-11 Agustus 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. Acara tahunan yang fokus pada isu lingkungan hidup, iklim, kehutanan, dan energi terbarukan itu, semakin menegaskan komitmen Pemerintah dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Bahkan dalam gelaran kali ini, 3 Kemitraan Perhutani juga berhasil mendapatkan penghargaan langsung dari Menteri LHK, di malam penghargaan Festival LIKE 2.

"Dalam gelaran ini, kemitraan kami juga memperoleh penghargaan dari Kementerian KLHK," ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut sejumlah tokoh penting, di antaranya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, serta Direktur Utama Perum Perhutani Wahyu Kuncoro beserta jajaran.

Puncak acara ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Hutan Sosial, Tanah Objek Reforma Agraria (TORA), Sawit Rakyat, serta sertifikat layanan dana lingkungan kepada 15 perwakilan masyarakat oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Tercatat ada 200 orang dari 5 (lima) Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) penerima Perjanjian Kerjasama (PKS) Kemitraan Perhutani baik skema Kemitraan Kehutanan Perhutani (KKP) maupun Kemitraan Kehutanan Perhutani Produktif (KKPP) pada agenda penyerahan secara simbolis.

Mengusung tema "10 Tahun Kerja untuk Sustainabilitas", Festival LIKE 2 2024 menyoroti tiga hal utama, yaitu: Teknologi Ramah Iklim, Partisipasi Publik, Akses Dana Lingkungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya