Terlanjur Terjerat Pinjol Ilegal Harus Bagaimana? Ini Tips dari OJK

Ilustrasi stres
Sumber :

Jakarta, VIVA – Terlanjur terjerat pinjol ilegal, tentu dapat menimbulkan stres dan kecemasan. Sebagaimana diketahui, banyaknya orang terjebak dalam utang pinjaman online atau pinjol ilegal adalah karena kurangnya informasi atau tergiur tawaran yang menarik, namun berujung terjebak dan justru menjadi beban finansial peminjam. 

Pakai Dana Pinjaman Online untuk Modal Usaha, Bikin Untung Atau Buntung?

Sebab itu, penting memahami langkah-langkah yang tepat untuk menghadapi situasi ini agar Anda tidak semakin terjerat dalam masalah keuangan. Di lain sisi, regulator dan lembaga terkait seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), telah aktif menangani masalah pinjol ilegal dalam beberapa tahun terakhir. 

Meskipun solusi ideal adalah melunasi utang secepat mungkin, OJK menyediakan beberapa opsi alternatif jika Anda menghadapi kesulitan dalam membayar utang pinjol ilegal.

Ajukan Pinjaman Online Harus Pakai KTP, Apa Aman?

Ilustrasi dompet kering

Photo :
  • Freepik: rawpixel.com

Mengutip dari situs resmi AFPI, berikut merupakan tiga solusi dari OJK untuk mengatasi masalah utang pinjol ilegal:

Mengenal Skor Kredit yang Bisa Pengaruhi Pengajuan Pinjaman Online, Seberapa Penting Sih?

1. Restrukturisasi Pinjaman

Di urutan pertama adalah restrukturisasi pinjaman. Apa itu? Ini adalah upaya untuk menyesuaikan syarat pinjaman bagi debitur yang mengalami kesulitan dalam melunasi utang. Jika pinjol ilegal tersebut bersedia, Anda bisa mendapatkan keringanan seperti perpanjangan jangka waktu pinjaman, diskon cicilan, atau potongan kredit dalam satu kali bayar. Lewat cara ini, Anda dapat memilih opsi yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

2. Nego Pengurangan Bunga dan Denda

Salah satu solusi lain adalah negosiasi untuk mengurangi jumlah bunga dan denda yang dikenakan. Penurunan bunga dapat mengurangi total beban pinjaman Anda, sehingga memungkinkan Anda untuk melunasi utang dengan lebih mudah. Meskipun pinjol ilegal sering kali tidak transparan dalam hal ini, mencoba melakukan negosiasi bisa membantu meringankan beban finansial Anda.

3. Lapor Pihak Berwenang atau Instansi Terkait

Jika proses penagihan dari pinjol ilegal sangat mengganggu, termasuk teror atau ancaman, Anda bisa melaporkan kasus tersebut ke pihak berwenang seperti kepolisian. Tindakan hukum dapat membantu menghentikan praktik penagihan yang merugikan dan memberi Anda perlindungan yang diperlukan.

Itulah solusi ketika sudah terlanjur terjerat pinjol ilegal. Penting untuk selalu merencanakan dengan matang sebelum memutuskan untuk meminjam dana dari pihak manapun. Pastikan Anda hanya meminjam sesuai kebutuhan dan kemampuan untuk membayar kembali agar tidak terjebak dalam utang yang sulit diatasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya