Menteri PUPR Pantau Terus Pengolahan Air di IKN hingga Bisa Diminum Langsung

Menteri PUPR sekaligus Plt Kepala Otorita IKN meminum langsung air dari keran di IKN [dok. Instagram @kemenpupr]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta, VIVA – Menteri PUPR Basuki Hadimuljono terus mengawal proses pengelolaan air minum di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. Sebab, air yang ada di IKN ini nantinya bisa langsung diminum dari keran.

Indonesia's State Palace in Nusantara Aims for Public-friendly Model

Mengutip Instagram resmi Kementerian PUPR, Basuki tampak terus memantau proses pengelolaan air minum di Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku. SPAM ini berperan penting dalam melayani kebutuhan air di ibu kota baru RI tersebut.

"Kami laporkan posisi air sudah mencapai U-13, laporan selesai," ujar seseorang melalui walkie talkie kepada Basuki dikutip dari Instagram @kemenpupr Sabtu, 10 Agustus 2024.

PP Muhammadiyah Bakal Bangun Kantor, Universitas dan Rumah Sakit di IKN

Menteri PUPR sekaligus Plt Kepala Otorita IKN meminum langsung air dari keran di IKN [dok. Instagram @kemenpupr]

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Pada unggahan video tersebut, Kementerian PUPR menjelaskan pengelolaan air minum di IKN. Pertama air dari Sungai Sepaku dipompa menuju instalasi pengolahan air. Proses ini dimulai dari unit aerasi untuk meningkatkan oksigen terlarut dalam air baku.

Istana Garuda di IKN Akan Dibuka untuk Umum seperti Gedung Putih AS, Menurut OIKN

Kedua, air dialirkan ke rumah kimia dan dicampur dengan koagulan agar partikel koloid mengendap. Ketiga partikel halus yang masih tersisa disaring melalui melalui filter pasir cepat, lalu dilakukan ozonasi tiga tahap untuk mengoksidasi kontaminan yang kemudian diserap oleh filter karbon aktif. 

"Sebelum menuju reservoir, air ditampung di clearwell dan didesinfeksi untuk menjaga air dari bakteri patogen," jelasnya.

Air Keran Bisa Diminum di Kawasan Istana Garuda IKN Nusantara, Kalimantan Timur

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Keempat, air yang sudah dipompakan ke reservoir dialirkan ke jaringan distribusi utama dan pembagi ke daerah pelayanan secara bertahap dengan pipa berkualitas food grade.

Selain itu, digunakan juga instrumen supervisory control and data acquisition (SCADA) untuk memantau kualitas, kuantitas, dan kontinuitas air layak minum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya