Tips Memilih Pekerjaan Sampingan Terbaik, Raup Uang Tambahan Tanpa Beban

Ilustrasi mencari pekerjaan.
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta, VIVA – Memiliki pekerjaan sampingan jadi solusi yang bagus untuk menambah penghasilan sehingga Anda mampu lebih cepat mencapai kesejahteraan finansial di masa depan. Selain jadi lebih produktif, pekerjaan sampingan sekaligus mengembangkan diri dan keterampilan. 

Milenial dan Gen Z Wajib Tahu! Ini 5 Tips Terbebas dari Kredit Macet di Pinjol

Berdasarkan survei Bankrate, Gen Z jadi yang paling banyak mempunyai pekerjaan sampingan. Generasi Milenial sebanyak 44 persen, Gen X sebesar 33 persen dan generasi Boomer sebanyak 23 persen. 

Ketidakpastian ekonomi, menurunnya loyalitas dari beberapa perusahaan, dan lingkungan teknologi yang menghubungkan pembeli dengan penjual, menjadikan ini waktu yang tepat untuk usaha sampingan Anda. 

Milenial dan Gen Z Terjebak Kredit Macet, Begini Dampaknya

Banyaknya pilihan yang tersedia sehingga Anda seyogyanya lebih bijak dalam memilih pekerjaan sampingan.  Forbes memberikan tips yang dapat membantu Anda memilih pekerjaan sampingan dengan tepat.

6 Tips Memilih Bank Digital Buat Gen Z, Jangan Sampai Salah Pilih!

Tips Memilih Pekerjaan Sampingan

1. Pilihlah Jenis Pekerjaan Sesuai Passion

Pastikan Anda memilih pekerjaan sampingan yang membuat Anda bersemangat. Apabila hanya berorientasi pada penghasilan saja sangat mungkin Anda mengalami stres karena menganggap tugas tambahan ini sebagai beban. 

Sebaliknya, melakukan disukai akan membuat Anda lebih rileks. Menurut survei Gallup, sebanyak 45 persen orang memilih side hustle-nya dengan mengedepankan minat. Alhasil, Anda akan menjalani pekerjaan sampingan dengan penuh semangat dengan menganggap gaji sebagai bonus.

2. Jam Kerja Fleksibel

Ilustrasi giat bekerja selama berjam-jam.

Photo :

Pekerjaan sampingan yang fleksibel akan membantu Anda menyelaraskan dengan profesi utama. Sehingga pekerjaan utama Anda tidak terganggu dan mampu menyelesaikannya secara optimal. 

Begitu pula dengan tugas pekerjaan sampingan. Alhasil, atasan Anda pun puas atas performa Anda meskipun harus bekerja di dua perusahaan dalam waktu bersamaan. 
Untuk menjalankan dua pekerjaan sekaligus perlu komitmen yang kuat serta kemampuan pengaturan waktu (time management) yang baik. 

3. Usahakan Pekerjaan Sesuai Kemampuan dan Pendidikan yang Ditempuh

Bijaksana jika Anda memilih pekerjaan sampingan yang sesuai dengan keahlian dan pengetahuan yang Anda miliki. Tujuannya supaya Anda tidak perlu memulai semua dari awal yang dapat menyita waktu. 

Anda perlu belajar tentang pekerjaan tersebut dari nol. Profesi linear akan membantu beradaptasi dengan rekan kerja lain. Anda juga dapat menunjukkan kualitas diri kepada atas. Performa baik yang Anda tunjukan secara konsisten tak menutup kemungkinan Anda akan naik gaji.
 
4. Tetap Mengedepankan Integritas

Ilustrasi integritas

Photo :
  • http://ftw1974.blogspot.com

Ketika memutuskan untuk mengambil pekerjaan sampingan Anda seyogyanya tetap dapat bekerja dengan baik. Tidak dibenarkan menyelesaikan tugas tambahan ini secara asal-asalan. Tidak mau bukan jika kinerja, komitmen, kredibilitas, atau integritas Anda ternodai?

Selain itu, pastikan pekerjaan sampingan Anda tidak menimbulkan konflik. Tunjukkan sikap kolaboratif dan komunikatif untuk memastikan terjalinnya hubungan terbuka dan saling percaya dengan atasan Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya