Manfaatkan Panel Surya di Kapal Jadi Cara Perusahaan Ini Terapkan Green Shipping

PT Hasnur Internasional Shipping komitmen terapkan energi terbarukan [dok. Humas PT Hasnur Internasional Shipping Tbk (HIS)]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta, VIVA – PT Hasnur Internasional Shipping Tbk (HIS) memiliki komitmen untuk fokus pada operasi bisnis perusahaan yang berkelanjutan, khususnya terkait kegiatan operasional armada kapal yang lebih ramah lingkungan

Paviliun Ramah Lingkungan, Tren Baru dalam Desain dan Konstruksi Masa Kini

Direktur Operasi HIS, Laorentina Devi mengatakan, pada tahap awal, hal itu diwujudkan melalui implementasi panel surya di beberapa armada kapal baru, untuk mendukung kebutuhan kelistrikan pada operasional armada-armada tersebut.

"Dengan implementasi panel surya ini, kebutuhan kelistrikan di armada yang sedang beroperasi dapat dipasok oleh listrik yang dihasilkan panel surya tersebut sehingga pada akhirnya dapat mengurangi penggunaan BBM atau solar," kata Devi dalam keterangannya, Jumat, 9 Agustus 2024.

Jalan Panjang Transisi Energi

Panel surya.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia menambahkan, keseriusan terhadap operasi bisnis pelayaran yang berkelanjutan ini juga dituangkan HIS melalui rencana penyelenggaraan konferensi dan seminar, terkait implementasi green shipping di Indonesia. Kegiatan itu melibatkan regulator, pemangku kepentingan di industri pelayaran subsektor tugboat dan barge, pada akhir Agustus 2024 ini.

Gandeng Istiqlal dan Sheikh Zayed Solo, Kemenag Gelar Simposium Internasional Masjid Inovatif

Selain pada kegiatan operasional, HIS juga melaksanakan berbagai program yang berlandaskan prinsip berkelanjutan. Misalnya seperti program terkait lingkungan hidup, yaitu penanaman 10.000 bibit pohon di Banjarmasin.

"Serta program terkait sosial yaitu edukasi dan layanan kesehatan di area Kalimantan Selatan, pelatihan kewirausahaan kepada penyandang disabilitas, pembagian sembako, dan lain sebagainya," ujar Devi.

Dengan komitmen pada operasional bisnis yang berkelanjutan itu, HIS pun berhasil meraih Katadata Green Initiative Award (KGIA), untuk sektor logistik dalam rangkaian Katadata Sustainability Action for Future Economy (SAFE) 2024 yang diselenggarakan oleh Katadata.

Penghargaan tersebut diberikan atas inisiasi HIS, untuk mendukung keberlanjutan dan peningkatan kinerja lingkungan melalui implementasi armada ramah lingkungan untuk mengurangi emisi.

Penghargaan diberikan oleh Co-founder/ Chief Operating Officer Katadata.co.id Ade Wahyudi kepada Corporate Secretary PT Hasnur Internasional Shipping Tbk Rengga Temenggung, yang mewakili Direksi PT Hasnur Internasional Shipping Tbk, pada acara malam penghargaan Katadata Green Initiative Award 2024 Rabu 7 Agustus 2024, di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta.

"Kami berterima kasih kepada Katadata atas apresiasinya terhadap inisiatif kami untuk memulai operasi armada kapal yang lebih ramah lingkungan. Penghargaan ini menjadi penyemangat bagi kami untuk mengimplementasikan green shipping yang lebih luas dan optimal lagi, selain berbagai program terkait lingkungan lainnya, sehingga dapat berkontribusi positif terhadap lingkungan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya