Gelar IYF 2024, INSA Dorong Pengembangan Ekosistem Yacht Nasional

IYF 2024.
Sumber :
  • INSA.

Bali, VIVA – Dewan Pengurus Pusat Indonesian National Shipowners' Association (DPP INSA) kembali menggelar INSA Yacht Festival (IYF) 2024 di Benoa Marina Bali. Untuk tahun ini, IYF menjadi salah satu rangkaian dari perayaan HUT INSA ke-57 yang jatuh pada hari ini.

Penumpan Penyeberangan Diproyeksi Naik 3 Kali Lipat Jelang MotoGP Mandalika, ASDP Siapkan Ini

Ketua Umum DPP INSA Carmelita Hartoto mengatakan, IYF 2024 merupakan upaya INSA mendorong pengembangan pelayaran nasional, sekaligus mempromosikan wisata bahari Indonesia. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah mendorong pertumbuhan sektor pariwisata, yang mana pada 2023 lalu sektor parekraf berkontribusi 3,9 persen terhadap PDB nasional dengan serapan tenaga kerja sektor wisata mencapai 24,41 juta jiwa.

IYF pun diharapkan akan menginspirasi masyarakat agar menjadikan laut sebagai lifestyle masyarakat Indonesia. Dengan demikian, lautan Indonesia diyakini akan benar-benar bisa menjadi sumber pembangunan bangsa di masa mendatang.

Kemenhub Resmi Bentuk Maritime Coordination Center, Ini Fungsinya

“Kami berharap IYF 2024, akan membuka potensi pengembangan wisata bahari nasional, sehingga akan mendorong investor nasional berinvestasi di sektor kapal yacht nasional,” kata Carmelita, Jumat, 9 Agustus 2024.

IYF 2024.

Photo :
  • INSA.
Jurus Kemenhub Dongkrak Kualitas Pemeriksaan Kecelakaan Kapal

Lebih lanjut  IYF juga diharapkan akan ikut mendorong, pengembangan ekosistem yacht lainnya, seperti tumbuhnya pembangunan marina di Indonesia dengan fasilitas yang menyesuaikan dengan standar internasional.  Hal ini akan menjadi daya tarik bagi pemilik kapal yacht untuk menyandarkan kapalnya di Indonesia.

“Tumbuh kembangnya marina di Indonesia perlu didukung oleh seluruh stakeholder, terutama dengan adanya skema pembiayaan yang kompetitif,” tambahnya.

Selain itu, keberadaan marina yang memenuhi standar juga akan meningkatkan reputasi Indonesia sebagai destinasi utama bagi para pemilik yacht dari seluruh dunia. Ini akan memberikan dampak yang luar biasa bagi ekonomi secara signifikan seperti pada sektor UMKM, pariwisata, dan juga dapat membuka peluang bagi pengembangan industri terkait dengan yacht.

 Yang tidak kalah penting, diharapkan adanya dukungan lebih optimal dari pihak pemerintah, baik dari segi regulasi maupun kebijakan lainnya khususnya di sektor kapal wisata maupun cruise. Dengan segala potensi yang ada, kita optimis bahwa Indonesia dapat meningkatkan ekosistem yacht di masa depan. 

Wakil Ketua Umum DPP INSA Nova Y Mugijanto yang juga Ketua penyelenggara kegiatan mengatakan, IYF 2024 digelar selama tiga hari 9-11 Agustus 2024. IYF juga akan mengadakan talk show dengan menghadirkan narasumber berkompeten, untuk membedah peluang dan tantangan seputar di sektor wisata bahari Indonesia.

IYF 2024.

Photo :
  • INSA.

“Melihat animo yang cukup besar pada IYF sebelumnya, untuk IYF 2024 ini kita membuat waktunya lebih panjang yakni tiga hari dengan beragam acara menarik dan meriah,” katanya.

Sebagai bagian dari upaya untuk mendukung industri pelayaran dan memperkuat ekosistem maritim, acara IYF akan dimeriahkan dengan berbagai agenda peluncuran menarik. Salah satunya adalah peluncuran kapal luxury boat milik salah satu anggota INSA, yang diproduksi oleh galangan lokal, Outborn Watercraft. Ini menandakan bahwa galangan kapal lokal mampu bersaing dengan galangan kapal luar negeri dalam membangun kapal luxury boat yang berkualitas.

Selain itu, ada juga peluncuran Redikru, platform digital inovatif yang menghubungkan perusahaan pelayaran dengan pelaut secara mudah dan aman. Kehadiran Redikru di IYF 2024 menandakan langkah maju dalam pemanfaatan teknologi untuk mendukung kemajuan industri pelayaran di Indonesia.

Kemudian pergelaran fashion show yang menampilkan produk-produk lokal turut meramaikan acara IYF 2024. Kualitas premium, keunikan desain, menjadi ciri khas dari setiap koleksi yang dipamerkan dan dikemas dengan standar global. 

“Kita ingin menggandeng sebanyak-banyaknya pihak, daerah, nasional, maupun internasional untuk sama-sama mensukseskan IYF tidak hanya pada tahun ini, tapi juga IYF tahun-tahun mendatang.”

Sebelum acara IYF 2024 digelar, DPP INSA sebagai pemegang estafet kepemimpinan Federation of ASEAN Shipowner’s Association (FASA) juga telah menyelenggarakan Executive Committee (EXCO) Meeting FASA ke-61 pada 6 hingga 8 Agustus 2024 di Bali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya