KAI Optimistis Capai Target 400 Juta Penumpang di 2024

VP Public Relations KAI Anne Purba
Sumber :
  • Viva/Siska Permata Sari

Semarang, VIVA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menargetkan mengangkut lebih dari 400 juta penumpang pada tahun 2024. Hal tersebut disampaikan oleh VP Public Relations KAI, Anne Purba, yang sekaligus mengungkapkan pencapaiannya di semester pertama tahun ini.

Ada Kabar dari Mitsubishi Xpander

Anne mengatakan, jumlah penumpang yang diangkut oleh KAI telah mencapai lebih dari 200 juta pada paruh pertama tahun 2024. 

"Pada saat ini juga kita melihat ada peningkatan, baik dari penumpang komuter maupun kereta jarak jauh. Target kita mudah-mudahan bisa mencapai lebih dari 400 juta penumpang di tahun 2024 ini," kata Anne di Semarang, Jawa Tengah, Jumat, 9 Agustus 2024.

Kenapa Orang Indonesia Enggak Sabar Menunggu Kereta Melintas? Ini Kata Sosiolog

Sebagai bagian dari upaya pencapaian target, KAI juga mempersiapkan berbagai strategi, mulai dari diskon di HUT ke-79 RI di Agustus 2024 ini. Tak hanya itu, strategi lainnya juga termasuk penambahan unit kereta dari PT Industri Kereta Api (INKA).

Penumpang berada didalam kereta api bandara menuju stasiun BNI City, Jakarta, Selasa, 9 April 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Ada Banyak Promo Setiap Jam di Tokopedia, Awas Jangan Sampai Ketinggalan

"Kita sedang melakukan investasi yang cukup besar, ya. Lebih dari 600 kereta dengan INKA. Jadi, tidak hanya KCI saja nih yang pesan KRL tetapi kita juga ada bekerja sama dengan INKA untuk kereta-kereta baru," ujar Anne.

Upaya KAI untuk mempercepat waktu tempuh perjalanan juga terus berlanjut. Sejak tahun 2019, waktu tempuh perjalanan ke Yogyakarta telah berhasil dipersingkat menjadi di bawah 7 jam. 

"Kami terus melakukan berbagai inovasi dan perbaikan untuk meningkatkan kapasitas angkutan serta frekuensi perjalanan, agar kami bisa mengangkut lebih banyak penumpang," tambahnya.

Dia menjelaskan, saat ini juga tengah mempersiapkan kereta api sebagai angkutan Nataru (Natal dan Tahun Baru). Persiapan ini akan dimulai pada September, setelah bulan Agustus berakhir. 

Salah satu langkah strategis yang dilakukan adalah peluncuran kereta ekonomi generasi baru yang diharapkan akan meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan kereta api. Selain itu, KAI juga mengadakan berbagai promo untuk memperkenalkan produk baru tersebut, termasuk promosi spesial pada tanggal 17 Agustus.

Seperti diberitakan sebelumnya, di momen Hari Kemerdekaan ke-79 RI, PT KAI menghadirkan promo bertajuk “Panjat Pinang”. Promo ini tersedia di 30 perjalanan kereta api dengan berbagai kelas dan tujuan.

"Tentu dengan persiapan-persiapan seperti economy new generation kita akan bertambah terus gitu ya, harapannya supaya masyarakat semakin mau naik kereta. Dan untuk memperkenalkan produk-produk itu, kita juga buatkan promo seperti yang pada tanggal 17 Agustus ini."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya