Airlangga Pastikan Ikut Upacara 17 Agustus di IKN

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta, VIVA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto memastikan, bahwa dirinya akan mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Indonesia's State Palace in Nusantara Aims for Public-friendly Model

"Saya di IKN (upacara 17 Agustus)," ujar Airlangga saat ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis, 8 Agustus 2024.

Istana Presiden di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

Photo :
  • ikn.go.id
PP Muhammadiyah Bakal Bangun Kantor, Universitas dan Rumah Sakit di IKN

Airlangga mengatakan, untuk siapa saja menteri yang akan mengikuti upacara di IKN belum dapat dipastikan. Dia hanya mengatakan bahwa kemungkinan sebagian menteri akan melaksanakan upacara di ibu kota baru RI itu.

"Mungkin sebagian, atau seluruhnya (menteri ikut upacara)," terangnya.

Istana Garuda di IKN Akan Dibuka untuk Umum seperti Gedung Putih AS, Menurut OIKN

Sebelumnya diberitakan, pihak istana turut mengundang sejumlah tokoh untuk mengikuti upacara kemerdekaan tersebut. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana menjelaskan bahwa, tamu undangan pun akan terbagi menjadi dua yakni di IKN dan Jakarta. 

Di Istana Negara IKN, akan dihadiri oleh Presiden dan Ibu Negara, mantan Presiden, Presiden terpilih, para Pimpinan Lembaga Negara, para Menteri, Panglima TNI, Kapolri, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Budaya, masyarakat umum di sekitar IKN, dan para pekerja di IKN.

Sementara di Istana Merdeka Jakarta, akan dihadiri oleh Wakil Presiden, Wakil Presiden terpilih, mantan Wakil Presiden, para Menteri, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Budaya, Pejabat TNI-Polri, ASN, dan masyarakat sekitar Istana Merdeka Jakarta.

Penampakan Proyek Pembangunan Kawasan IKN dari Balkon Istana Garuda.

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Di sisi lain, Yusuf mengaku segala persiapan detik-detik proklamasi di IKN berjalan dengan baik. Pemerintah, kata dia, terus melakukan koordinasi dan evaluasi perkembangan persiapan di lapangan. 

"Untuk kesiapan upacara peringatan detik-detik Proklamasi sejauh ini berjalan dengan baik seperti yang telah kita rencanakan. Kami juga terus melakukan Rapat koordinasi mingguan untuk mengecek dan mengevaluasi perkembangan persiapan di lapangan," ujar Yusuf dalam kepada wartawan, Kamis, 8 Agustus 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya