Anggaran Rp 1,7 Triliun, Istana Wapres di IKN Siap Groundbreaking 12 Agustus

Penampakan Proyek Pembangunan Kawasan IKN dari Balkon Istana Garuda.
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Jakarta, VIVA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan pembangunan istana Wakil Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan masuk tahap Groundbreaking pada bulan Agustus 2024 ini. Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja mengatakan, groundbreaking istana Wakil Presiden itu akan dilakukan bersamaan dengan penyelenggaraan groundbreaking calon investor pada 12 Agustus 2024 mendatang.

PP Muhammadiyah Bakal Bangun Kantor, Universitas dan Rumah Sakit di IKN

"Kalau nanti Pak Wapres hadir di IKN saat sidang kabinet paripurna pada 12 Agustus 2024 yang akan datang, kita akan usulkan sekaligus (hadir) groundbreaking Istana Wapres tersebut," kata Endra, dikutip Kamis, 8 Agustus 2024.

Dia mengatakan, biaya pembangunan Istana Wakil Presiden di IKN itu mencapai sekitar Rp 1,7 triliun, yang akan digunakan untuk membangun beberapa proyek lain di lingkungan istana tersebut.

Istana Garuda di IKN Akan Dibuka untuk Umum seperti Gedung Putih AS, Menurut OIKN

Proyek Pembangunan di Kawasan IKN Nusantara

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

"Misalnya seperti proyek Kantor Wapres, Kantor Setwapres, Kediaman Wapres, bangunan pendukung lainnya serta penataan kawasan," ujar Endra.

Kementerian PUPR: 47 Tower Rusun ASN di IKN Rampung Desember 2024

Dia memastikan, lokasi pembangunan Istana Wapres itu akan berada di kawasan Sumbu Timur IKN, sementara Istana Presiden beras di tengah atau di kawasan Sumbu Kebangsaan.

Endra mengatakan, Kementerian PUPR sendiri menargetkan bahwa pembangunan Istana Wapres itu bakal rampung dalam kurun waktu sekitar 1 tahun, sejak pelaksanaan groundbreaking tersebut.

"(Lokasinya) masih berada di dalam KIPP 1A, di Sumbu Timur. Kalau (Istana) Presiden di tengah, di Sumbu Kebangsaan," ujarnya.

Istana Garuda IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

Indonesia's State Palace in Nusantara Aims for Public-friendly Model

The Nusantara Capital City Authority (OIKN) Spokesperson Troy Pantouw predicted that the Garuda Presidential Palace in the new capital city, Nusantara (IKN).

img_title
VIVA.co.id
17 September 2024