Simak Tips Nabung Capai Rp50 Juta untuk Gen Z, Begini Caranya!

Ilustrasi mengelola keuangan.
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

Jakarta, VIVA – Mempunyai tabungan Rp50 juta pertama mungkin terdengar menantang, terutama bagi Gen Z yang baru memulai karier mereka. Namun, saldo dana tersebut bisa dicapai dengan strategi dan perencanaan yang tepat.

Milenial dan Gen Z Wajib Tahu! Ini 5 Tips Terbebas dari Kredit Macet di Pinjol

Ada sejumlah tips untuk memiliki tabungan Rp50 juta bagi Gen Z, terutama bagi yang baru membangun karier, dan rata-rata penghasilannya berada di kisaran upah minimum regional (UMR). Bagaimana caranya?

Tips Menabung Rp50 Juta Pertama

Milenial dan Gen Z Terjebak Kredit Macet, Begini Dampaknya

Ilustrasi menabung

Photo :
  • Pixabay

Melansir dari berbagai sumber, berikut lima cara untuk Gen Z mencapai tabungan pertama sebesar Rp50 juta, di antaranya:

6 Tips Memilih Bank Digital Buat Gen Z, Jangan Sampai Salah Pilih!

1. Tetapkan Anggaran dan Rencana Keuangan

Buat anggaran bulanan yang mencakup semua pengeluaran dan pendapatan. Tetapkan target tabungan bulanan dan alokasikan sebagian dari pendapatan untuk mencapai Rp50 juta. Agar lebih memudahkan, Anda bisa menggunakan aplikasi pengelola keuangan untuk memantau kemajuan.

2. Automatisasi Tabungan

Setelah mendapatkan hitungannya, Anda bisa menyetel transfer otomatis dari rekening utama ke rekening tabungan setiap kali menerima gaji. Ini memastikan bahwa tabungan dilakukan secara konsisten tanpa harus melakukan transfer manual setiap bulan.

3. Kurangi Pengeluaran Tidak Penting

Identifikasi dan potong pengeluaran yang tidak perlu seperti makan di luar, belanja impulsif, atau berlangganan aplikasi yang jarang digunakan. Sebagai gantinya, Anda bisa mengalihkan dana yang dihemat itu ke rekening tabungan.

4. Cari Sumber Pendapatan Tambahan

Pertimbangkan untuk mengambil pekerjaan sampingan, seperti freelance, atau bisnis kecil. Penghasilan tambahan ini dapat mempercepat pencapaian target tabungan.

5. Pilih Investasi dengan Bijak

Gunakan instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko Anda, seperti reksa dana, saham, atau deposito. Investasi yang cerdas dapat membantu meningkatkan saldo tabungan lebih cepat daripada hanya mengandalkan tabungan biasa.


Cara Menabung Rp50 Juta 

Misalnya, jika pendapatan Anda per bulan berada di kisaran UMR di Jakarta, yakni Rp5.000.000 per bulan. Lalu, pengeluaran bulanan, seperti sewa, makanan, transportasi, dan lain-lain bisa berkisar Rp3.500.000. Artinya ada sisa untuk ditabung setiap bulan sebesar Rp1.500.000.

Dengan menabung Rp1.500.000 per bulan, maka waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Rp50 juta adalah 33-34 bulan, atau sekitar 2 tahun 9 bulan. Perlu diingat, angka ini bersifat perkiraan dan bisa berubah tergantung pada pengeluaran, perubahan pendapatan, dan potensi investasi yang bisa meningkatkan tabungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya