Resmi Dilantik, Destry Damayanti Kembali Jabat Deputi Gubernur Senior BI

Pengambilan sumpah jabatan Destry Damayanti untuk posisi Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta, VIVA – Destry Damayanti resmi dilantik untuk kembali menjabat posisi Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) periode 2024-2029. Pelantikan ini dilakukan di Mahkamah Agung (MA) usai Destry mengambil sumpah jabatannya.

Rapat Terakhir dengan Komisi V, Menhub Ajak Nyanyi Bareng Lagu Kemesraan

Pelantikan Desty ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 74/P/2024 tanggal 10 Juli 2024. Sebelum dilantik, Ketua Mahkamah Agung RI, Muhammad Syarifuddin pun meminta Destry untuk mengucapkan sumpah menurut agama yang dianut. 

"Berdasarkan Surat Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 74/P/2024 tanggal 10 Juli 2024, saudari Destry Damayanti telah diangkat sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia. Sebelum memangku jabatan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia saudara wajib mengucapkan sumpah," ujar Syarifuddin dalam Upacara Pengucapan Sumpah Jabatan Deputi Gubernur Senior BI Rabu, 7 Agustus 2024.

DPR Bakal Panggil Kominfo-Operator Seluler Buntut Pencurian 3 Ribu NIK Warga Bogor

Ketua Mahkamah Agung Syarifuddin bersama para hakim agung

Photo :
  • Dok MA

Setelahnya pun Destry mengucapkan sumpah jabatan. Dalam sumpahnya, Destry menyampaikan bahwa dia akan menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, 

Baleg Sebut RUU Kementerian Negara Bakal Disahkan Sebelum 30 September: G30SDPR!

"Saya bersumpah bahwa saya akan melaksanakan tugas dan kewajiban Deputi Gubernur senior Bank Indonesia dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Saya bersumpah bahwa saya akan setia terhadap negara konstitusi dan haluan negara," ujar Destry.

Pelantikan ini juga dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar. Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Wakil Menteri Keuangan II Thomas Djiwandono, dan jajaran pejabat BI lainnya.

Sebelum dilakukannya pelantikan ini, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sudah mengesahkan Destry Damayanti untuk kembali menjabat posisi Deputi Gubernur Senior BI periode 2024-2029. Pengesahan oleh DPR itu dilakukan pada Selasa, 4 Juni 2024 dalam Rapat Paripurna DPR RI ke-19 masa persidangan V tahun sidang 2023-2024.

Destry diketahui merupakan calon tunggal yang diusulkan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Hal ini tertuang dalam Surat Presiden R-17/Pres/05/2024 yang disampaikan ke DPR RI.

Untuk pendidikannya, Destry meraih gelar sarjana ekonomi dari Universitas Indonesia. Kemudian, memperoleh gelar Master of Science dari Field of Regional Science Cornell University, New York, Amerika Serikat. 

Dalam mengawali kariernya, dia menjabat sebagai Senior Economic Adviser Duta Besar Inggris untuk Indonesia pada 2000-2003, selanjutnya sebagai peneliti dan pengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 2005-2006, dan Kepala Ekonom Mandiri Sekuritas pada 2005-2011.   

Destry kemudian melanjutkan karirnya sebagai Kepala Ekonom Bank Mandiri pada 2011-2015, Ketua Satuan Tugas Ekonomi Kementerian BUMN pada 2014-2015. Selain itu, Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) pada periode 2015-2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya