7 Tips Punya Tabungan Rp 100 Juta Pertama di Usia 30 Tahun, Mulai dari Mana?

Ilustrasi wanita sukses/kaya.
Sumber :
  • Freepik/drobotdean

Jakarta, VIVA – Mengumpulkan Rp 100 juta pertama di usia 30 tahun, mungkin terdengar seperti target yang ambisius. Namun, dengan strategi dan perencanaan keuangan yang tepat, itu sangat mungkin untuk dicapai.

Menhub Ajukan Tambahan Anggaran 2025 Rp 7,68 Triliun

Apalagi, bagi Anda yang masih berusia 20 tahun dan tengah membangun kariernya. Jika Anda masih berusia kepala dua, maka inilah saatnya mempunyai rencana keuangan jangka panjang untuk mencapai target tabungan yang Anda inginkan.

Misalnya, mempunyai tabungan Rp 100 juta atau tiga digit di usia 30 tahun. Ada beberapa tips menabung dan berinvestasi yang bisa Anda terapkan dalam perencanaan keuangan Anda. Apa saja?

OIKN Minta Tambah Anggaran Rp27,8 Triliun, PKS: Rekor, Pertama Kali dalam Sejarah!

Tips Punya Tabungan Rp 100 Juta Pertama

Ilustrasi mengelola keuangan

Photo :
  • Pexels
DPR Setujui Anggaran Kemenkeu 2025 Rp 53,19 Triliun

Melansir dari berbagai sumber, ada beberapa tips untuk meraih tabungan Rp 100 juta pertama di usia 30 tahun, di antaranya:

1. Tentukan Tujuan Finansial dan Buat Rencana

Di urutan pertama, yakni menentukan tujuan finansial dan membuat rencana jangka panjang. Buatlah tujuan yang jelas dan rencana keuangan yang terperinci. Mulai dari identifikasi tujuan tabungan, membuat rencana bulanan, dan mengatur tenggat waktu.

2. Buat dan Ikuti Anggaran yang Ketat

Lalu, buatlah anggaran. Mengelola pengeluaran melalui anggaran dapat membantu mengalokasikan dana untuk tabungan. Catat pendapatan dan pengeluaran, tetapkan batas pengeluaran untuk kategori tertentu, dan evaluasi anggaran secara berkala.

3. Prioritaskan Tabungan dengan Sistem Otomatis

Menyisihkan uang secara otomatis dapat membantu disiplin menabung. Set up transfer otomatis dari rekening utama ke rekening tabungan, tentukan jumlah yang ingin disisihkan setiap bulan.

4. Hemat dan Kurangi Pengeluaran Tidak Perlu

Pengeluaran yang tidak perlu dapat menghambat pencapaian tujuan tabungan. Tinjau dan kurangi biaya langganan, belanja impulsif, dan kebiasaan yang boros.

5. Cari Sumber Pendapatan Tambahan

Menambah pendapatan dapat mempercepat proses menabung. Jelajahi peluang freelance, pekerjaan paruh waktu, atau usaha sampingan untuk menambah kantung pendapatan Anda.

6. Investasi dengan Bijak

Investasi yang tepat dapat membantu uang berkembang lebih cepat. Pelajari berbagai jenis investasi seperti saham, reksa dana, dan properti, serta sesuaikan dengan profil risiko.

7. Tinjau dan Sesuaikan Rencana Secara Berkala

Terakhir dan tak kalah penting yakni meninjau dan menyesuaikan rencana keuangan Anda secara berkala. Rencana keuangan harus dinamis dan disesuaikan dengan perubahan situasi. Evaluasi kemajuan tabungan, revisi anggaran dan strategi investasi, serta sesuaikan rencana sesuai kebutuhan dan tujuan baru.

Skema Menabung Rp 100 Juta Pertama

Misalnya, Anda saat ini berusia 25 tahun dan ingin mempunyai tabungan Rp100 juta pertama di usia 30 tahun, maka Anda bisa memilikinya dalam jangka waktu 5 tahun. Jika Anda hanya menabung tanpa investasi, hitung berapa banyak yang harus ditabung setiap bulan.

Bila total tabungan yang ingin dicapai Rp100 juta dan ingin dicapai selama 5 tahun atau 60 bulan, maka tabungan per bulan: Rp100.000.000 ÷ 60 = Rp1.666.667. Angka ini bisa berubah atau berganti, tergantung periode atau target menabung Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya