6 Alasan Membutuhkan Penasihat Keuangan, Penghasilan Jadi Lebih Efisien

Ilustrasi Penasihat Keuangan
Sumber :
  • Lamudi.co.id

Jakarta, VIVA – Mengatur keuangan dengan baik menjadi kunci untuk mencapai kebebasan finansial (financial freedom) maupun mencapai tujuan hidup lainnya. Walaupun terdengar mudah, sebagian orang sering mengalami kesulitan dan kebingungan dalam mengalokasikan dana dengan tetap.

Tips Buat Kelas Menengah agar Tetap Sejahtera

Oleh karena itu, adanya jasa penasihat keuangan untuk membantu memaksimalkan potensi ekonomi Anda. Tujuannya membantu memberikan arahan berdasarkan kondisi keuangan pribadi untuk memperoleh manfaat besar. 

Selain itu, penasihat keuangan membantu menentukan porsi pengeluaran yang sesuai dengan pendaapatan Anda. Mereka juga akan membantu Anda dalam membuat keputusan finansial yang lebih cerdas.

Anggaran Peparnas Belum Jelas, NPC Indonesia Lapor Presiden Jokowi

Sayangnya, masih banyak yang beranggapan bahwa jasa penasihat keuangan hanya dibutuhkan oleh orang-orang kaya. Padahal, semua orang semestinya mempunyai penasihat keuangan tanpa memandang tingkat pendapatan. 

Ilustrasi mengatur keuangan

Photo :
  • Halomoney.co.id
Banggar DPR soal Anggaran Rp 10 Miliar Buat Sosialisasi Program Makan Bergizi Gratis

Mengutip GoBankingRates, beberapa alasan yang perlu Anda pertimbangkan memiliki penasihat keuangan. Penasaran? Simak ulasan berikut ini, ya.

Alasan Pertimbangkan Penasihat Keuangan

1. Mendapat Panduan Keuangan yang Sesuai

Ilustrasi perencanaan keuangan

Photo :
  • Pixabay

Penasihat keuangan dapat membantu Anda membuat rencana keuangan jangka pendek, menengah dan panjang yang disesuaikan dengan tujuan dan kondisi finansial Anda. Rencana ini mencakup segala aspek keuangan, mulai dari pengelolaan anggaran hingga perencanaan pensiun.

Penasihat keuangan akan membimbing dalam mengambil keputusan penting dan menghindari kesalahan yang merugikan. Dengan saran yang dipersonalisasi, Anda merasa yakin perencanaan dari penasihat keuangan dirancang khusus. Dengan mempertimbangkan pendapatan, pengeluaran, toleransi risiko, dan aspirasi masa depan Anda. 

2. Mengarahkan Perencanaan Keuangan saat Masa Transisi 

Setiap manusia akan bertumbuh dan melewati berbagai fase. Mulai dari hidup melajang, menikah, mempunyai anak, keinginan membeli aset, merencanakan pernikahan, hingga pemutusan hubungan kerja (PHK), perceraian dan lain sebagainya. 

Penasihat keuangan dibutuhkan untuk menavigasikan arah keuangan selama masa perubahan tersebut.
Seseorang yang mengalami masa transisi acap merasa kesulitan mengambil keputusan ekonomi secara tepat. 

Konsultan keuangan menawarkan panduan tentang penganggaran, menabung, dan berinvestasi untuk memenuhi kebutuhan Anda yang terus berubah. Saran mereka tak hanya menghindarkan Anda dari kesalahan mengambil keputusan tetapi juga mengatasi masalah mendesak dan merencanakan masa depan secara strategis.

3. Peluang Hasil Investasi Lebih Baik

Ilustrasi arah investasi

Photo :
  • Pixabay

Investasi merupakan cara paling efektif untuk membangu kekayaan. Namun, banyak orang menunda melakukan investasi karena menganggap kegiatan tersebut cukup rumit dan takut rugi. 

Hadirnya penasihat keuangan profesional akan memberikan banyak pengetahuan dan pengalaman perihal investasi. Praktis membantu membuat keputusan investasi yang tepat yang sejalan dengan tujuan dan toleransi risiko. 

Studi menunjukkan portofolio yang dikelola penasihat keuangan mengungguli portofolio yang dikelola oleh individu. Peningkatan laba ini dapat berdampak terhadap kesejahteraan keuangan di masa depan. 

4. Membantu Perencanaan Masa Pensiun  

Masa pensiun juga perlu dipikirkan di samping konsisten tabungan, dana darurat dan investasi. Konsultan keuangan menawarkan keahlian dalam mengelola aset, merencanakan biaya perawatan kesehatan, dan mengoptimalkan pendapatan pensiun. 

Mereka membantu menciptakan strategi yang disesuaikan dengan implikasi pajak, pilihan investasi, dan rencana penarikan dana yang berkelanjutan. Sebuah penelitian dari Vanguard menemukan pensiunan yang mempekerjakan penasihat keuangan jauh lebih percaya diri dalam persiapan pensiun. 

Tersedianya dana pensiun memberikan ketenangan pikiran sehingga tercipta stabilitas keuangan selama masa pensiun. Alhasil, Anda tak perlu lagi khawatir jika suatu saat terjadi peristiwa di luar dugaan. 

5. Jasa Penasihat Keuangan Tidak Hanya untuk Orang Kaya

Ilustrasi Konsultan Properti

Photo :
  • Lamudi.co.id

Kesalahpahaman tentang penasihat keuangan adalah layanannya sangat mahal sehingga hanya dapat dijangkau orang kaya. Kenyataannya, penasihat keuangan menawarkan berbagai biaya jasa yang dapat disesuaikan dengan berbagai tingkat pendapatan.

Beberapa penasihat menerapkan biaya berdasarkan tarif tetap, per jam, atau persentase dari aset yang dikelola. Transparansi dalam penetapan harga membuat kline bisa mempersiapkan dana untuk mempekerjakan penasihat keuangan. Mengingat pengaruh positif penasihat keuangan dalam mencapai hasil investasi yang lebih baik, efisiensi pajak, dan kesehatan keuangan secara keseluruhan.

6. Akses Informasi yang Lebih Luas

Penasihat keuangan memiliki akses ke berbagai informasi pasar keuangan yang mungkin sulit Anda dapatkan sendiri. Mereka dapat memberikan analisis mendalam tentang berbagai produk keuangan sehingga Anda dapat membuat keputusan investasi yang lebih cerdas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya