IHSG Hari Ini Ambruk 3,4 Persen, Airlangga: Tak Perlu Khawatir

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini mengalami penurunan tajam. Bahkan pergerakan IHSG hari ini, Senin, 5 Agustus 2024 terpantau sempat turun sebesar 4 persen. IHSG pun ditutup turun 3,4 persen atau 248,47 poin menjadi 7.059.

Dibuka Menghijau, IHSG Berpotensi Menguat Terbatas Seiring Variatifnya Bursa Asia-Pasifik

Merespons hal ini, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto meminta agar investor tidak perlu khawatir. Sebab pergerakan IHSG selalu berfluktuatif.

"Kalau IHSG nanti kita lihat aja, karena itu daily-nya fluktuasi jadi kita tidak perlu khawatir," ujar Airlangga dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin, 5 Agustus 2024.

IHSG Diprediksi Kinclong, Intip Rekomendasi Saham Potensial Cuan

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Pelemahan IHSG ini, lanjut Airlangga, salah satunya karena ada kekhawatiran investor terhadap potensi Amerika Serikat (AS) mengalami resesi. Merespons adanya kekhawatiran resesi ini, Airlangga mengatakan bahwa pemerintah akan terus mencermati kondisi tersebut.

Minister: EV Battery Raw Material Factory Can Boost Morowali's Economy

"Terkait US (Amerika Serikat) tentu kita terus monitor dan tentu kita berharap tingkat suku bunga AS di kuartal IV bisa turun walau belum ada yang bisa jamin," jelasnya.

Airlangga menyebut, saat ini jarak antara suku bunga dengan inflasi sudah terlampau jauh. Tercatat saat ini suku bunga acuan RI ada di level 6,25 persen, sedangkan inflasi RI di Juli sebesar 2,13 persen.

"Karena tentu kita lihat tingkat suku bunga kita dengan inflasi gapnya agak tinggi, tapi kita tahu kita harus juga jaga supaya tidak terjadi capital flight," terangnya.

Adapun berdasarkan data RTI, IHSG pada hari ini tercatat ditutup pada level 7.059.65. IHSG melemah sebanyak 248,46 poin atau 3,40 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya