Sederet Penyebab Melambatnya Konsumsi Rumah Tangga Kuartal II-2024 ke 4,93 Persen

Ilustrasi belanja/supermarket.
Sumber :
  • VIVA/Adinda Permatasari

Jakarta, VIVA - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, pertumbuhan ekonomi RI pada kuartal II-2024 tercatat sebesar 5,05 persen secara tahunan atau year on year (yoy). Salah satunya didorong oleh konsumsi rumah tangga yang tumbuh positif, meskipun laju pertumbuhannya mengalami perlambatan.

BI Ramal Ekonomi RI Bisa Tumbuh Capai 5,1 Persen pada 2024

Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS, Moh. Edy Mahmud mengatakan konsumsi rumah tangga pada kuartal II-2024 tumbuh 4,93 persen secara yoy. Angka itu melambat bila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 5,22 persen.

"Dari hitungan BPS konsumsi rumah tangga tetap tumbuh positif 4,93 persen," kata Edy dalam konferensi pers Senin, 5 Juli 2024. 

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo Rangkul Semua Parpol "supaya Pemerintahannya Lebih Tenang"

Pasar Tanah Abang (ilustrasi penjualan eceran).

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Edy menjelaskan, terdapat sub komponen dari konsumsi rumah tangga yakni pada komoditas pakaian dan transportasi yang tumbuh tidak setinggi pertumbuhan tahun lalu. Kemudian indeks penjualan ritel dan penjualan domestik sepeda motor yang melambat, di mana masing-masing tercatat sebesar 1,14 persen dan 4,21 persen yoy.

Utamakan Edukasi dibandingkan Advokasi, Dirut BRI Sunarso Bagikan 5 Jurus Dorong UMKM Indonesia Maju

Penjualan motor

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Selain itu, perlambatan juga disebabkan pergeseran Ramadhan yang mempengaruhi pola konsumsi masyarakat. Sehingga, konsumsi persiapan Idul Fitri sudah dilakukan di kuartal I-2024, terutama untuk makanan dan minuman.

“Ramadhan tahun lalu berada di bulan April kemudian tahun ini sebagian besar ada di Maret tapi masih ada di bulan April ini pergeseran, Ramadhan ini juga mempengaruhi polanya. Barangkali pakaian juga sebagian sudah dilakukan kuartal-I, jadi ada pergeseran momentum lebaran barangkali ada sedikit pengaruhnya terhadap konsumsi rumah tangga,” terangnya.

Atlet BMX peraih Medali Emas, Aditya Fajar Soekarno.(istimewa/VIVA)

Cerita Atlet PON 2024 Wilayah Sumut Rasakan Pelayanan Konsumsi Sudah Sangat Baik

Persoalan konsumsi para atlet dan official dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, Aceh-Sumut 2024 di wilayah Sumut sudah mulai mendapat perbaikan

img_title
VIVA.co.id
19 September 2024