BNI Expo 2024 Hubungkan UMKM dengan Pasar Internasional

BNI Expo 2024.
Sumber :
  • Dokumentasi BNI.

Jakarta, VIVA – PT Bank Negara Indonesia Tbk atau BNI genjot upaya mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan bisnis mereka ke pasar internasional.

Kemendag Sebut Ekspor Pasir Laut Boleh Dilakukan, Ini Syaratnya

Melalui BNI Expo 2024, BNI mempertemukan 160 UMKM dengan calon pembeli dari luar negeri seperti Singapura, Australia, Kanada, dan Jepang baik secara online maupun offline. Beberapa UMKM tersebut bisa ditemui di UMKM Island di pameran yang mengusung tema ‘Wonderful Journey’ itu.

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengungkapkan, kehadiran UMKM di acara ini bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk mereka kepada calon pembeli dari luar negeri.

Masuk Daftar 100 Perusahaan Terbesar di Indonesia, BNI Pertegas Posisi Kuat di Perbankan Nasional

“Melalui business matching ini, kami berharap para buyer dari negara-negara tersebut akan tertarik untuk memasarkan produk-produk UMKM Indonesia ke pasar mereka,” ujar Okki.

Direktur Retail Banking BNI Corina Leyla Karnalies (tengah), Consumer Segment Division Head Sri Indira (kiri), dan Ketua HUT ke-78 BNI Mesah Roni Ginting (kanan), dalam Press Conference BNI EXPO 2024 di Grha BNI Jakarta, Selasa, 30 Juli 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya
China Ikut Dorong UMKM Indonesia dapat Bersaing di Pasar Global

Adapun produk-produk yang diminati oleh calon buyer antara lain kopi, gula aren, snack olahan buah (dried fruits), santan bubuk, bumbu jadi, mie instan bakmi Jawa, teh telang, serta tas goni.

Follow up atas Business Matching yang telah dilaksanakan tersebut antara lain pengiriman quotation ke calon buyer, pengiriman sample ke negara tujuan ekspor serta agenda kunjungan pada bulan ke Oktober 2024 dari beberapa calon buyer.

Dalam kesempatan itu, potential buyer dari Singapura juga sempat melakukan kunjungan offline untuk melihat produk minuman cokelat, fashion, dan kerajinan tangan.

Okki menjelaskan, BNI tidak hanya memberikan kesempatan bagi UMKM untuk memperkenalkan produk mereka, tetapi juga memfasilitasi mereka dalam memperluas pasar melalui BNI Xpora.

BNI Xpora akan terus mendukung ekspor produk lokal dengan memanfaatkan jaringan outlet BNI di berbagai negara, termasuk Singapura, Seoul, Hong Kong, Tokyo, New York, London, dan Amsterdam.

Hut BNI ke-78.

Photo :
  • Dokumentasi BNI.

“Ini adalah salah satu cara kami untuk membantu UMKM lokal menembus pasar global,” tambah Okki.

Selain itu, BNI Expo 2024 juga menghadirkan berbagai promo menarik dari tenant UMKM. Misalnya, Roemah Kebaya Vielga menawarkan voucher belanja hingga Rp300.000. Ada juga Latazha yang menawarkan diskon hingga 20% dengan minimal transaksi Rp2 juta.

Selain itu, ada Lusee yang menawarkan diskon 25 persen all item jika transaksi menggunakan BNI Cards dan QRIS wondr by BNI. Rendang Uni Tutie juga menawarkan diskon Rp10.000 untuk minimal transaksi Rp150.000. Di tenant Ataly Coffee, ada bonus satu cup coffee dengan minimum pembelanjaan Rp200.000 di UMKM Island.

"Dengan adanya business matching ini, BNI optimistis bahwa produk-produk UMKM Indonesia akan semakin dikenal dan diminati di pasar global. BNI berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan UMKM dan membuka peluang pasar yang lebih luas bagi mereka," tutup Okki. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya