6 Instrumen Investasi Terbaik untuk Siapkan Dana Pendidikan Anak

Ilustrasi anak belajar dari komputer.
Sumber :
  • Pexels/Julia M Cameron

Jakarta, VIVA – Memastikan pendidikan berkualitas untuk anak adalah prioritas utama bagi setiap orang tua. Salah satu cara untuk mewujudkan adalah dengan mempersiapkan dana sejak dini melalui investasi

Ditinggal Sang Putri, Ibunda Puput Novel Histeris: Anak Paling Hebat, Ampuni Dosanya Ya Allah

Dengan berinvestasi, orang tua dapat mengamankan uang tunai agar nilainya tidak berkurang di masa depan anak akibat inflasi. Biaya pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan hidup lainnya terus meningkat setiap tahun. 

Investasi jadi cara efektif memastikan berbagai kebutuhan terkait pendidikan. Selain itu, investasi juga mengajarkan anak tentang pentingnya pengelolaan keuangan sejak dini.

Pacu Dekarbonisasi, IFC Kucurkan Investasi US$ 60 Juta ke Produsen Baja RI

Banyaknya pilihan investasi yang ada kerap membuat orang tua bingung menentukan jenis investasi yang paling tepat. Mengutip Motilal Oswal Financial Service, berikut rekomendasi jenis investasi yang cocok untuk menyiapkan dana pendidikan bagi masa depan anak.

Ilustrasi investasi, ilustrasi reksadana

Photo :
  • freepik
Al, El, Dul Bakal Nikah Tahun Depan, Ahmad Dhani Berencana Bagikan Asetnya

1. Reksa Dana

Reksa dana adalah pilihan yang populer karena dikelola oleh manajer investasi profesional. Manajer investasi akan memberikan rekomendasi reksa dana sesuai dengan profil risiko dan tujuan keuangan Ayah dan Bunda. 

Reksa dana saham menawarkan potensi keuntungan lebih tinggi daripada hanya menabung. Namun, risikonya juga tinggi. Sementara reksa dana pendapatan cenderung lebih stabil meskipun memberikan imbal hasil lebih rendah.

2. Obligasi

Obligasi adalah instrumen utang yang diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan. Investasi obligasi cocok sebagai penyimpanan biaya pendidikan si kecil di masa depan. Lantaran nilai imbal hasil relatif stagnan dengan risiko yang lebih rendah dibandingkan saham.

3. Emas

Ilustrasi Logam Mulia (Emas)

Photo :
  • Freepik

Emas sering dianggap sebagai investasi yang aman di tengah ketidakstabilan ekonomi. Harga emas cenderung stabil dan bahkan bisa naik dalam jangka panjang.

Jenis logam mulia ini tepat untuk investasi jangka panjang dan kebal segala tekanan inflasi. Sehingga akumulasi imbal hasil selama bertahun-tahun dapat digunakan memenuhi biaya pendidikan anak di masa mendatang.

Emas mempunyai tingkat likuiditas yang tinggi sehingga bisa dicairkan kapan saja jika Ayah dan Bunda dalam keadaan terdesak.

4. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan merupakan salah satu produk asuransi yang dirancang khusus untuk membiayai pendidikan anak. Selain memberikan perlindungan, asuransi pendidikan juga memberikan sejumlah uang tunai ketika anak mulai memasuki jenjang perguruan tinggi.

5. Properti

Ilustrasi apartemen

Photo :
  • dokumentasi

Bagi orang tua yang memiliki dana investasi lebih bisa mencoba di bidang properti. Bisnis indekos atau membeli apartemen untuk disewakan bisa menjadi pilihan yang menarik untuk jangka panjang. 

Nilai properti cenderung meningkat seiring waktu, sehingga dapat menjadi aset yang berharga bagi anak-anak di masa depan. Selain itu memberikan pendapatan pasif (passive income) terhadap keuangan keluarga Ayah dan Bunda.

6. Rekening Tabungan Pendidikan

Rekening tabungan pendidikan menjadi pilihan yang paling sederhana dan aman untuk menyiapkan dana pendidikan anak di masa depan. Sudah banyak bank menawarkan produk tabungan khusus pendidikan dengan bunga yang kompetitif. Kelebihan dari jenis investasi ini adalah fleksibilitas dalam penarikan dana dan tingkat risiko yang rendah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya