Proyek Hunian Pekerja Konstruksi Tahap II IKN Dapat Rekor Muri Gegara Ini

Hunian Pekerja konstruksi IKN tahap II.
Sumber :
  • Istimewa.

Jakarta, VIVA – Proyek hunian pekerja kontruksi atau HPK tahap 2 di Ibu Kota Nusantara (IKN), telah rampung tahap toping off. Dengan menggunakan teknologi canggih, proses toping off bangunan 4 lantai itu dapat diselesaikan dalam waktu singkat, 29 jam 26 menit 51 detik, dan proyek itu pun mendapatkan rekor Muri

Menteri Basuki Meninjau Jalan Tol 6B dan Akses Tol IKN 6C Target Selesai Juni 2025

Pengerjaan HPK tahap 2 yang diawasi oleh Kementerian PUPR itu, menggandeng PT Adhi Karya dan Adhi Persada Gedung. Dengan, menggunakan material Sandiwch Panel EPS yang diproduksi PT Alsun Suksesindo, produsen panel terbaik di Indonesia yang berada di Bekasi Timur. 

Pengerjaan singkat HPK tahap 2 menjadi bukti kemajuan konstruksi Indonesia yang diwujudkan di IKN. Toping off bangunan 4 lantai itu dikerjakan dalam waktu singkat dengan menggunakan Mobox atau mobile box.

Menteri Basuki Perkenalkan KIPP IKN dalam Kunjungan Komisi V DPR RI dan Kapolri

Pembangunan Bandara IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur

Photo :
  • ANTARA/Nyaman Bagus Purwaniawan

Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto menjelaskan, penghargaan dari rekor Muri ini dapat memberi semangat bagi para pekerja. 

IKN Bakal Dibuka Untuk Umum Hari Ini, Begini Cara Masuknya

"HPK Tahap II berhasil mendapat Rekor MURI Topping Off Bangunan empat lantai dalam waktu 29 jam 26 menit 51 detik saja. Rekor MURI ini diharapkan dapat memacu semangat pekerja konstruksi membangun berbagai infrastruktur di Ibu Kota Nusantara," ujar Iwan dalam keterangannya, Kamis, 1 Agustus 2024.

Sementara itu, Direktur PT Alsun Suksesindo Rudy Kesuma menjelaskan bila material yang digunakan untuk membangun HPK tahap 2 adalah Sandwich Panel EPS, sebuah bahan berkualitas tinggi untuk meredam panas dan suara. 

“Bahan baku semua dari dalam negeri, Sandwich Panel EPS dan sudah TKDN. Material ini dapat meredam panas dan suara. Saya berharap agar seluruh pembangunan di Indonesia akan menggunakan Sandwich Panel Alsun agar lebih cepat dan lebih mengedepankan Green Product karena ramah lingkunghan.” tutup Rudy Kesuma.

Toping off mengacu pada pemasangan pada bagian akhir struktur atau penyelesaian atap pada sebuah bangunan. Ini menandakan bahwa struktur telah mencapai ketinggian maksimum. Namun bukan berarti proyek telah benar-benar selesai. Dalam melakukan toping off, Kementerian PUPR menggunakan bantuan Mobox. 

Pembangunan Istana Negara di kawasan inti pusat pemerintahan IKN

Photo :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

Perlu diketahui, Mobox adalah sistem kontruksi modular yang dikembangkan dengan menggunakan komponen-kompunen baja yang dapat dikombinasikan dengan material lain. 

Yang membedakan mobox dari sistem modular lain adalah mobox memiliki modul yang dapat dipindahkan dan dibangun tanpa perlu menggunakan alat berat. Sehingga pengiriman menuju lokasi yang memiliki akses terbatas dapat dilalui.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya