Pertamina Bakal Terapkan Pembelian Pertalite dengan QR Code Secara Bertahap, Ini Bocorannya

Diskusi di acara Kick Off AJP 2024.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta, VIVA – PT Pertamina (Persero) berencana menerapkan skema QR Code untuk pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite. Kebijakan ini akan mulai dilakukan di beberapa wilayah Sumatera, yaitu Aceh dan Kepulauan Riau (Kepri).

Pembelian BBM Bersubsidi Bakal Dibatasi, DPR Ingatkan Ini

Vice President (VP) Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso mengatakan, langkah ini dilakukan pihaknya dengan berkaca pada penjualan solar, yang kini sudah 100 persen menggunakan QR Code dalam mekanisme penjualannya.

"Jadi untuk Pertalite, kita mengikuti kesuksesan Solar. Solar kan sudah full 100 persen pakai QR Code, dan itu juga terbukti efektif untuk menjaga kuota BBM subsidi," kata Fadjar saat ditemui usai acara 'Kick Off AJP 2024', yang digelar di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu, 31 Juli 2024.

Gugatan Korban Kebakaran Plumpang Dikabulkan, Pertamina Diminta Bayar Ganti Rugi Rp 23,1 M

Vice President (VP) Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso

Photo :
  • Antara

Dia memastikan, nantinya skema serupa juga akan diterapkan Pertamina secara bertahap di wilayah-wilayah lainnya.

Konsumsi BBM Mobil Toyota Ini Setara Motor Matik

"Jadi kita mulai dulu dari kota-kota itu tadi, dan ke depannya akan terus dilakukan secara bertahap. Karena tidak bisa 100 persen langsung kita terapkan," ujar Fadjar.

Dia mengaku, saat ini Pertamina masih gencar melakukan sosialisasi serta pendataan, terkait pembelian Pertalite lewat QR Code tersebut. Diharapkan nantinya masyarakat yang terdaftar bisa semakin terjangkau luas dan sesuai target yang dituju.

"Kita harapkan yaitu kan kita harus menjaga kuota BBM subsidi. Jadi supaya masyarakat juga harusnya sudah mulai terbiasa," ujarnya.

Sebagai informasi, Pertamina melalui PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), sudah mulai melakukan sosialisasi penggunaan QR Code untuk pembelian BBM subsidi jenis Pertalite di wilayah Kepri. 

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria mengatakan, penerapan tersebut dilakukan untuk memastikan penyaluran BBM subsidi lebih tepat sasaran dan menghindari penyelewengan.

"Oktober 2024 akan mulai berlangsung untuk penggunaan QR Code bagi konsumen yang ingin membeli BBM jenis Pertalite," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya