Zulhas Resmikan Indo Leather dan Footwear Expo 2024, Libatkan 70 UMKM di Bidang Fashion

Mendag Zulkifli Hasan
Sumber :
  • VIVA/Ainuni Rahmita

Jakarta, VIVA – Pada triwulan pertama 2024, industri kulit, pakaian jadi, alas kaki, dan tekstil mengalami pertumbuhan positif yang signifikan. Kenaikan ini didorong oleh peningkatan permintaan domestik dan internasional, inovasi produk, serta peningkatan kualitas produksi.

Jangan Anggap Remeh, Peran Perempuan Kelola UMKM Bisa Gerakan Ekonomi Nasional

Selain itu, dukungan pemerintah melalui kebijakan insentif dan peningkatan infrastruktur turut berkontribusi terhadap pertumbuhan industri ini. Melihat peluang itu, Krisna Exhibitions menggelar Indo Leather & Footwear Expo 2024 (ILF) pada 31 Juli 2024 sampai 2 Agustus 2024. Pameran tersebut berlangsung di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Indo Leather & Footwear Expo 2024

Indo Leather & Footwear Expo 2024

Photo :
  • VIVA/Ainuni Rahmita
Mendag Sebut ESG Keharusan dan Penentu Pertumbuhan Ekonomi Masa Depan

CEO Krista Exhibitions, Daud D Salim mengungkapkan bahwa pameran ILF yang sudah berlangsung ke-17 ini menghadirkan 350 peserta dari 9 negara. Ada juga 70 UMKM yang termasuk di dalam jumlah peserta tersebut.

“Pameran ILF 2024 kali ini melibatkan 350 peserta yang berasal dari 9 negara antara lain, India, Italia, China, Korea, Taiwan, Jepang, Singapura, Indonesia dan Perancis. Aja juga 70 UMKM di dalamnya," kata Daud saat upacara pembukaan ILF pada Rabu (31/7/2024).

Lantik 6 Pejabat Kemendag, Zulhas Minta Persiapkan Landasan untuk Pemerintahan Prabowo

Daud juga memberikan pemahaman kepada pengunjung terkait tujuan penyelenggaraan pameran ILF 2024 yaitu mendukung pertumbuhan ekonomi di sektor industri manufaktur kulit dan alas kaki.

"Penyelenggaraan pameran ILF 2024 untuk mendukung pertumbuhan ekonomi pada usaha industri manufaktur kulit dan alas kaki, yang telah mengalami peningkatan positif. Diharapkan kegiatan pameran ILF 2024 meningkatkan efisiensi dalam industri manufaktur kulit dan alas kaki dalam membantu pelaku bisnis mengoptimalkan proses produksi, menghasilkan produk kulit berkualitas, dan mengenalkan inovasi atau trend fashion kulit saat ini,” ungkap Daud.

Mendag Zulkifli Hasan

Photo :
  • VIVA/Ainuni Rahmita

Kesuksesan ILF 2024 tidak terlepas dari dukungan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, yang mana Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan juga turut hadir pada upacara pembukaan untuk melakukan peresmian pameran tersebut.

"Semoga sarana dan prasarana dari pameran ini bisa menunjang bapak ibu sekalian. Sehingga usahanya bisa berjalan sukses," kata Zulkifli.

Diketahui, pameran ini diikuti oleh berbagai pelaku usaha, termasuk para pemasok dari industri alas kaki (sepatu fashion, sandal, flat shoes, boots untuk pria dan wanita, dan lainnya), kulit (kulit untuk sepatu, fashion, mebel, kulit eksotis, dan kulit untuk aksesori), garmen dan tekstil, teknologi manufaktur dan jasa produksi, serta berbagai mesin pengolahan bahan baku dan juga sneakers.

Krista Exhibitions sebagai penyelenggara menargetkan 10.000 pengunjung dari berbagai negara. Pengunjung bisa mulai masuk area pameran pukul 10.00 hingga sampai 19.00 dengan melakukan registrasi online di link https://register.kristaonline.com/visitor/indoleatherfootwear atau registrasi langsung di lokasi pameran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya