Pemangkasan Suku Bunga The Fed di Depan Mata, Investor Bisa Alihkan Uang ke Sini

Ilustrasi berinvestasi.
Sumber :
  • http://pakar-investasi.blogspot.com/

Amerika Serikat, VIVA –  Pelaku pasar dan pengamat sepakat Federal Reserve (The Fed) kemungkinan besar melakukan penurunan suku bunga acuan. Ahli keuangan berpendapat ini jadi momen tepat untuk mengalihkan uang tunai dari tabungan ke bidang lain.

Bursa Asia Dibuka Menguat Terkerek Kenaikan Pasar Saham AS

Investor memperkirakan akan adanya penurunan suku bunga pada bulan September. Mengutip CME FedWatch Tool, kisaran pemangkasan suku bunga oleh The Fed AS sebesar seperempat persentase atau lebih.

Banyak di kalangan investor masih mempunyai alokasi uang tunai yang besar berjumlah triliunan di pasar modal. Artinya, mereka masih membayar potongan sampai 5 persen.

Sektor Ritel Diproyeksi Untung Selama Kuartal-IV 2024 Jika BI Lakukan Ini

Para investor menyerbu pasar uang setelah The Fed menaikkan suku bunga. Mereka berinvestasi dalam utang jangka pendek dan berisiko kredit rendah, seperti surat utang negara. 

Ilustrasi investasi bodong.

Photo :
  • vstory
KPK Sita Uang Tunai dari Penggeledahan Rumah Mendes Abdul Halim Iskandar

Total dana pasar uang AS sebanyak USD 2,48 triliun per 17 Juli 2024 yang didominasi investor ritel, menurut data Investment Company Institute. Nominal tersebut mendekati rekor, yakni 6,15 triliun. 

Mengutip CNBC, Ken Tumin selaku Pendiri dan Editor DepositAccounts mengatakan imbal hasil reksa dana pasar uang ikut turun jika The Fed mulai benar memangkas suku bunga pada bulan September. 

“Sebagian besar dana pasar uang tampaknya mengikuti suku bunga dana federal dengan cermat,” imbuhnya.

Federal Open Market Committee (FOMC) yang diadakan pekan depan menjadi sinyal kuat penurunan suku bunga pada bulan September semakin nyata. Tumin mengatakan bank-bank akan terlebih dahulu menurunkan suku bunga terhadap rekening gendut sebelum akhirnya hal serupa dilakukan The Fed.

"Suku bunga sertifikat dan deposito kemungkinan akan turun cukup cepat setelah terlihat jelas bahwa Fed akan segera memangkas suku bunga," ucap Tumin.

Ilustrasi Obligasi

Photo :
  • Facebook/Guaranty Trust

Momen ini jadi waktu yang tepat “mengunci suku bunga” untuk sertifikat dan deposito selama sembilan bulan atau satu tahun, menurut  CEO and Founder of oXYGen Financial in Atlanta, Ted Jenkin.

Selain itu, obligasi alternatif untuk mengalihkan uang dari pasar modal. Konsultan keuangan mempertimbankan durasi dan sensitivitas obligasi terhadap perubahan suku bunga. 

Beberapa ahli menyarankan peralihan dari dana pasar uang ke obligasi berorientasi jangka panjang. Artinya durasi penyimpanan uang di obligasi berdurasi tahunan agar mendapat imbal hasil lebih baik. 

Harga obligasi cenderung naik saat suku bunga turun. Investor dana pasar uang dapat mengharapkan hasil yang lebih rendah tanpa apresiasi harga.

Ilustrasi investasi Properti.

Photo :

Jenkin berpendapat obligasi relatif mengalami tren kenaikan yang sehat ketika The Fed memangkas suku bunga sebesar satu persentase penuh selama tahun depan. 

Seperti halnya investasi apa pun, tempat terbaik untuk menyimpan uang tunai pada akhirnya bergantung pada tujuan, toleransi risiko, dan durasi waktu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya