ASDP Catat Rute Merak-Bakauheni Layani 948 Ribu Penumpang pada Semester I-2024

Ilustrasi penumpang (dok: ASDP)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta, VIVA – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat, pada semester I-2024 penyeberangan orang melalui rute Merak-Bakauheni sudah mencapai 948.148. Jumlah itu naik 6 persen dari periode yang sama tahun 2023 yang sebesar 890.587 orang. 

Kemenhub Tunda Naikkan Tarif Penyeberangan Kapal Feri, Ini Alasannya

Adapun pada semester I-2024 ini ASDP mencatat kenaikan dalam layanan penumpang dan kendaraan. Secara keseluruhan, ASDP melayani 5,89 juta penumpang dan 11,42 juta kendaraan di seluruh Indonesia. Angka ini menunjukkan pertumbuhan dengan total pendapatan konsolidasi mencapai Rp 2,560 triliun, meningkat 9 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Selain itu, ASDP mencatat laba sebesar Rp 356 miliar. 

Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, menyatakan bahwa lintas penyeberangan Merak-Bakauheni merupakan rute tersibuk di Indonesia saat ini, dan ASDP memastikan akan terus meningkatkan layanannya. 

Tarif Penyeberangan Merak-Bakauheni Naik Mulai 1 November, Berikut Besarannya

"Berdasarkan realisasi data Semester I-2024, lintas Merak-Bakauheni telah menyeberangkan 948.148 orang atau tumbuh 6 persen dari periode yang sama tahun 2023 sebesar 890.587 orang, begitupun dengan produksi kendaraan meningkat 2 persen yakni dari 3.572.553 unit menjadi 3.639.033 unit, " kata Shelvy dalam keterangannya Selasa, 30 Juli 2024. 

Shelvy menambahkan, untuk lintasan utama Merak-Bakauheni didominasi oleh kendaraan roda empat dan truk logistik.

KPK Menang 5 kali Gugatan Praperadilan Kasus ASDP

Kapal ASDP Indonesia Ferry [dok. Humas PT ASDP Indonesia Ferry (Persero )]

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Untuk mewujudkan komitmen tersebut, ASDP mengakselerasi pembangunan dan pengembangan infrastruktur serta fasilitas penunjang lainnya. Proyek pengembangan ini meliputi penyediaan travelator di terminal penumpang yang diharapkan dapat memudahkan pergerakan penumpang, terutama bagi lansia, ibu hamil, dan penyandang disabilitas.

Selain itu, ASDP juga meningkatkan fasilitas umum lain seperti area parkir VIP di eks kantor lama ASDP demi memberikan kenyamanan ekstra bagi pengguna jasa yang membutuhkan fasilitas khusus. Pengaspalan eks terminal (selasar) juga telah selesai dilakukan untuk meningkatkan kualitas jalan dan kenyamanan pengguna jasa.

Antrian Kendaraan di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak. (ASDP Indonesia Ferry).

Photo :
  • VIVA.co.id/Yandi Deslatama (Serang)

"Belum lama ini kami telah menyelesaikan penyediaan jalur kendaraan di bawah access bridge guna memperlancar arus lalu lintas dan meningkatkan efisiensi akses kendaraan dari dan ke kapal di dalam pelabuhan," jelasnya.

Selain proyek yang telah selesai, beberapa pengembangan masih dalam tahap pelaksanaan. ASDP Cabang Merak juga menambah dua loket baru untuk meningkatkan kapasitas dan kenyamanan layanan tiket. 

“Pemasangan dua loket baru ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan tiket online serta memperlancar proses check-in penumpang,” jelas Shelvy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya