Pemulihan Sistem Layanan Selesai Hari Ini, Simak Link dan Cara Klaim Ulang Akun KIP Kuliah 2024

KIP Kuliah
Sumber :
  • kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Jakarta – Pemulihan sistem layanan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah akhirnya sudah bisa diakses dari sebelumnya terkena dampak peretasan Pusat Data Nasional Sementara 2 (PDNS 2).

Kabar gembira, Universitas Al-Azhar Mesir Luncurkan Program Hybrid untuk Mahasiswa Asing

Informasi tersebut dinarasikan oleh akun media sosial Instagram resmi Puslapdik Kemendikbudristek RI pada Senin, 29 Juli 2024.

"Pemulihan sistem layanan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) telah selesai dan sistem KIP Kuliah sudah dapat diakses kembali," tulis informasi dari akun Instagram @puslapdik_dikbud, Senin 29 Juli 2024.

Inspiratif, 5 Mahasiswa Ini Cetak Sejarah, Raih Prestasi di Program IISMA

Puslapdik Kemendikbudristek RI dalam postingannya pun menjelaskan terdapat 3 hal yang harus dilakukan Mahasiswa, yakni:

1. Untuk mahasiswa penerima beasiswa periode sebelumnya: Anda dapat mengakses layanan seperti biasa dengan cara masuk ke akun Anda.

Budi Arie Soal Pemilik Akun Fufufafa: Ngapain Sih Ngurusin Satu Akun?

2. Untuk calon mahasiswa/mahasiswa baru peserta seleksi periode Januari-Juni 2024: Anda dapat melakukan klaim akun, melengkapi data pada formulir KIP Kuliah, dan mencetak formulir serta kartu peserta.

3. Untuk calon peserta yang belum pernah mendaftar KIP Kuliah dan akan mendaftar: Anda dapat melakukan pendaftaran untuk membuat akun baru.

Bagi mahasiswa baru yang belum pernah mendaftar akun KIP Kuliah, dapat melakukan pendaftaran akun KIP Kuliah pada periode 29 Juli hingga 31 Oktober 2024.

Link dan Cara Klaim Ulang Akun KIP Kuliah 2024

Mahasiswa yang sudah mendaftar dan sudah melakukan klaim ulang, peserta harus melakukan pengecekan ulang data yang tersimpan, simak caranya:

  1. kunjungi situs resmi KIP Kuliah di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id 
  2. Klaim akun dengan login menggunakan NIK dan NISN yang telah didaftarkan sebelumnya 
  3. Cek ulang data diri dan dokumen KIP
  4. Unggah kembali dokumen dan data pendukung pendaftaran KIP Kuliah yang diperlukan

Sebagai informasi, Kartu Indonesia Pintar (KIP-Kuliah) adalah bantuan saldo dana gratis yang diberikan pemerintah kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Bantuan ini berlaku bagi mereka yang lolos melalui jalur SNBP, SNBT, dan Ujian Mandiri di perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta.

Penerima KIP Kuliah 2024 akan mendapatkan biaya kuliah gratis atau Rp 0 dikarenakan pembiayaan sepenuhnya difasilitasi pemerintah dan mendapatkan bantuan biaya hidup.

Adapun saldo dana gratis dari pemerintah untuk besaran biaya hidup KIP  kuliah 2024 yakni  sebesar Rp 1,4 juta per bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya