Elon Musk Batal Bangun Pabrik Mobil Listrik di Indonesia, Begini Respon Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara soal Elon Musk yang tidak jadi investasi membangun pabrik mobil listrik (electric vehicle/EV) di Indonesia. Tentu saja, Jokowi bersikap santai dan tak mau pusing soal keputusan Elon Musk yang merupakan CEO Tesla Inc tersebut.

Dorong Inovasi Industri dan Transisi Energi Berkelanjutan dengan Kegiatan Ini

“Saya kira kita (Indonesia) tidak bergantung pada satu atau dua merek,” kata Jokowi dikutip pada Sabtu, 27 Juli 2024.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden
Jokowi Andalkan Pusat Riset Genomik Pertanian Genjot Produksi Pangan di Tengah Perubahan Iklim

Menurut dia, saat ini sudah ada pabrik electric vehicle yang memproduksi dan merakit mobil listrik di Indonesia yakni Hyundai. Adapun, pabrik kendaraaan listrik dari Korea Selatan itu terletak di daerah Karawang, Jawa Barat. Selain itu, ada juga pabrikan perakitan mobil China, Chery dan Wuling.

“Kita ini yang masuk berproduksi untuk mobil listrik sudah ada yaitu Hyundai, kemudian untuk investasi di EV baterai kendaraan listrik juga sudah ada di Karawang, baru saja kita buka. Sebentar lagi akan ada pabrik katoda anoda yang akan memperkuat EV baterai kita. EV baterainya ada untuk masuk ke industri mobil itu sangatlah mudah. Karena 40-50 persen ada komponen mobil itu ada di baterai listriknya,” jelas dia.

BI Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi RI Kuartal IV-2024 Ditopang 2 Motor Ekonomi Ini

Oleh karenanya, Jokowi menegaskan Indonesia harus optimis dengan peluang investasi electric vehicle. Menurut dia, salah satu caranya dengan membangun industri electric vehicle dari hulu sampai hilirnya secara baik.

“Kita harus optimis bahwa dengan pembangunan industri dari hulu sampai hilir dikerjakan secara baik, efisien, harganya kompetitif, saya kira investor akan datang mencari, bukan kita yang cari. Optimis kita, harus optimis,” pungkasnya.

Presiden Jokowi

Jokowi Pakai Pesawat Komersial Pulang ke Solo Usai Prabowo Dilantik, Kata Budi Arie

Menkominfo Budi Arie Setiadi bilang Jokowi akan pulang ke Solo pakai pesawat Citilink atau Garuda Indonesia melalui Bandara Halim Perdanakusuma pada 20 Oktober sore.

img_title
VIVA.co.id
16 Oktober 2024