Amman Mineral Kantongi Izin Ekspor Konsentrat Tembaga Sampai Akhir Tahun

Kapal konsetrat PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMAN) di Pelabuhan Benete.
Sumber :
  • Amman Mineral Internasional

Jakarta – PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) melalui anak usahanya yakni PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) berhasil memperoleh izin ekspor konsentrat tembaga dari Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Komitmen Berikan Kemudahan Pelayanan, Bea Cukai Banten Terima Penghargaan

Presiden Direktur AMNT, Rachmat Makkasau mengatakan, kuota ekspor konsentrat tembaga sejumlah 587.330 wmt (wet metrik ton) atau setara 534.000 dmt (dry metrik ton) itu, akan berlaku hingga 31 Desember 2024.

Hal itu berdasarkan rekomendasi Surat Persetujuan Ekspor (SPE) yang dikeluarkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Bea Cukai Ambon Fasilitasi Ekspor Tuna Segar ke Jepang dan Amerika Serikat

"Kuota tersebut telah sesuai dengan pengajuan yang disampaikan dalam Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) 2024," kata Rachmat dalam keterangannya, Jumat, 26 Juli 2024.

Ketua Umum Indonesia Mining Association (IMA), Rachmat Makkasau

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya
Dukung UMKM Tembus Pasar Global, Aprindo dan Shipper Teken Kerja Sama

Dia menjelaskan, izin ekspor tersebut akan memperkuat kondisi keuangan perusahaan, yang saat ini tengah mengeluarkan belanja modal yang tinggi untuk berbagai proyek ekspansi guna mendukung operasional smelter.

Rachmat menilai, pemberian izin ekspor tersebut turut menjadi bukti bahwa kemajuan proyek smelter tembaga yang dibangun oleh PT Amman Mineral Industri (AMIN), telah berjalan sesuai dengan target pemerintah.

Berdasarkan hasil verifikasi pihak ketiga independen, proyek smelter tembaga AMMAN telah mencapai penyelesaian mekanis (mechanical completion) per 31 Mei 2024, di mana kemajuan smelter telah mencapai 95,5 persen.

"Proses komisioning untuk fasilitas utama smelter berlangsung segera setelahnya. Sementara, produksi katoda tembaga pertama ditargetkan pada kuartal IV-2024," ujarnya. 

Sebagai informasi, fasilitas smelter tembaga AMMAN memiliki total kapasitas input hingga 900 kilo ton per tahun (ktpa) konsentrat, dari tambang Batu Hijau dan tambang Elang di masa depan. Produk dari pemurnian ini akan berupa katoda tembaga yang mencapai 222 ktpa, sekitar 18 ton emas, 55 ton perak, dan asam sulfat sekitar 830.000 ton per tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya