Tren K-Pop Tarik Minat Ekspansi Produk Halal Korea ke Indonesia

Makanan halal di Ied Restaurant, Korea Selatan (foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zahrotusti’anah

Jakarta – Tren Korean Pop (K-Pop) di Tanah Air telah menjadi peluang tersendiri bagi para pengusaha Korea. Hal tersebut membuat ekspor produk makanan dan minuman asal Korea ke Indonesia mengalami peningkatan sangat luar biasa.

Waralaba Tumbuh Subur di Indonesia, Bingxue Bisa Buka 200 Outlet kurang dari Setahun

Data dari Kementerian Pertanian, Pangan, dan Urusan Pedesaan Korea serta Korea Agro-Fisheries and Food Trade Corporation pada 2022 lalu mencatat, permintaan Korean Food di Indonesia mencapai US$300 juta.

Angka tersebut diperkirakan akan terus melonjak seiring dengan adanya kebijakan dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI, yang sudah mengakui label halal dari Korea Muslim Federation (KMF).

Lezatnya Carbonara dengan Ontama dan Manisnya Mango Tea Shortcake

"Status halal sebuah produk masih menjadi faktor penting pertimbangan masyarakat Indonesia," kata Asisten Manager Global Sales Team Singsong Food Corporation, Lee Jun-hyun, dalam keterangannya, Jumat, 26 Juli 2024.

Disesuaikan dengan Standar Halal Indonesia

Tren Kecantikan Korea yang Menginspirasi Gaya Hidup Perawatan Kulit di Indonesia

Gochujang

Photo :
  • NBCNews

Lee mengatakan, pihaknya bahkan siap memproduksi pasta cabai khas Korea (gochujang) sesuai dengan standar halal dari Indonesia. Dia mengaku, saat ini pihaknya sedang dalam proses mendapatkan sertifikasi halal (di Korea), untuk gochujang ukuran 500 gram.

"Kami akan launching di Indonesia dalam waktu dekat," ujarnya.

Lee menjelaskan, saat ini pihaknya juga telah menyiapkan pabrik dan line sendiri, untuk mempersiapkan produk gochujang sesuai dengan standar halal dari Indonesia.

Senada, Overseas Sales Manager dari Vilac, Seo Sung Hyun menambahkan, produk minuman Korea bersertifikasi halal miliknya yang memproduksi jus buah, kopi, dan teh siap minum, juga siap bersaing di pasar Indonesia.

Dia mengatakan, produk kopi Vilac memiliki keunggulan, yakni bisa disimpan di suhu ruangan selama satu tahun. Kemasannya juga tidak mengandung aluminium, sehingga bisa dipanaskan di microwave.

"Selain kopi, kami juga punya teh dan jus, yang beberapa diantaranya sudah mendapatkan halal certified dari Korea Muslim Federation (KMF)," ujarnya.

Sebagai informasi, dalam upayanya untuk membuat makanan dan minuman Korea Selatan makin bisa diterima di pasar Indonesia, saat ini Korea Agro-Trade Center juga membantu perusahaan-perusahaan Korea mendapatkan sertifikasi halal dan izin BPOM.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya