Dukung Pemberdayaan Anak, Pupuk Kaltim: Kekuatan Perusahaan Terletak di Tangan Generasi Muda

Pupuk Kaltim dukung pemberdayaan anak dan generasi muda [dok. Humas PT Pupuk Kalimantan Timur]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) selaku anak usaha BUMN Pupuk Indonesia, menegaskan komitmen untuk menjadi perusahaan terbaik yang membawa keberkahan bagi negara, lingkungan hidup, dan seluruh lapisan masyarakat termasuk anak-anak. Hal itu antara lain diwujudkan dalam peringatan Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli tiap tahunnya. 

Dongkrak Kinerja, Begini Cara Taspen Bikin Lingkungan Kerja Harmonis dan Kolaboratif

Direktur Utama Pupuk Kaltim, Budi Wahju Soesilo mengatakan, pihaknya selalu berupaya maksimal untuk mendukung pemenuhan kesejahteraan anak Indonesia. Hal tersebut diwujudkan dengan pelaksanaan berbagai program sosial yang digagas.

“Melahirkan generasi terbaik di Indonesia tentu menjadi salah satu tujuan utama kami di Pupuk Kaltim,” katanya dikutip dalam keterangan tertulis, Kamis, 25 Juli 2024.

Jurus Pupuk Indonesia Pacu Inovasi Sukses Ciptakan Benefit hingga Rp 1,8 Triliun

PT Pupuk Kaltim

Photo :
  • Dokumentasi PT Pupuk Indonesia (Persero)

Ia menjelaskan, di bawah pimpinan Menteri BUMN Erick Thohir, Pupuk Kaltim sebagai anak perusahaan BUMN menjadi lebih terpacu untuk melahirkan program terbaik untuk mendukung tumbuh kembang anak Indonesia.

Al, El, Dul Bakal Nikah Tahun Depan, Ahmad Dhani Berencana Bagikan Asetnya

"Mulai dari penanganan stunting, pemberian beasiswa, bantuan sosial ke panti asuhan, ragam edukasi ke sekolah, hingga pembinaan sepakbola usia muda,” jelasnya.

Pupuk Kaltim, lanjutnya, melakukan program pemberdayaan dari berbagai bidang untuk memberikan perlindungan terbaik bagi anak-anak. Pupuk Kaltim pun ditegaskan percaya bahwa kekuatan perusahaan terletak di tangan generasi muda.

Karena itu, secara konsisten Pupuk Kaltim terus mengupayakan berbagai program pemberdayaan dari berbagai bidang untuk memberikan perlindungan terbaik bagi anak-anak.

Dalam peringatan Hari Anak Nasional tahun 2024 yang bertajuk "Anak Terlindungi, Indonesia Maju", Wahyu mengatakan bahwa pihaknya telah menggelar sejumlah program guna mendukung hal tersebut.

Wahyu menjabarkan, rekam jejak Pupuk Kaltim dalam menjalankan program yang mendukung tumbuh kembang anak sudah berjalan sejak perusahaan yang berkantor pusat di Bontang, Kalimantan Timur ini berdiri. Seiring perkembangan zaman, berbagai inovasi program pun lahir untuk menjawab kebutuhan anak yang semakin kompleks.

Sektor pendidikan anak menjadi salah satu fokus utama Pupuk Kaltim. Program beasiswa Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan (PKTPP) hadir, untuk menyediakan beasiswa dari berbagai jenjang pendidikan mulai dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi.

Hingga kini, penerima beasiswa PKTPP berjumlah 240 orang untuk tingkat Perguruan Tinggi. Dari 240 orang tersebut, 135 diantaranya dinyatakan lulus dengan nilai terbaik. Sementara itu, untuk tingkat SD hingga SMA/SMK sedejarat, program ini telah memfasilitasi 178 peserta, dan 72 di antaranya telah lulus dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Masih dari ranah pendidikan, Pupuk Kaltim juga memiliki program beasiswa pendidikan vokasi industri. Program ini merupakan wujud sinergi Pupuk Kaltim dengan berbagai institusi pendidikan di berbagai daerah di Indonesia, guna mempersiapkan sumber daya manusia yang andal dan terampil sesuai kebutuhan industri.

"Pupuk Kaltim juga berkesempatan menyalurkan bantuan perpustakaan keliling di berbagai lokasi, salah satunya di Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Program ini merupakan dukungan Pupuk Kaltim untuk memajukan pendidikan dan budaya literasi masyarakat," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya