Kantongi Sertifikat BPJPH, KAI Logistik Incar Potensi Bisnis Produk-Jasa Halal di Tanah Air

Direktur Operasi KAI Logistik, Heri Siswanto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) melalui anak usahanya yakni KAI Logistik mengumumkan bahwa mereka telah mengantongi jaminan sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

KAI Logistik Tebar Diskon Pengiriman Sepeda Motor dan Paket

Sertifikasi itu berlaku untuk jenis produk Jasa Pendistribusian yang terdaftar di 3 terminal, yaitu Terminal Barang Area Sungai Lagoa, Terminal Barang Area Klari, dan Terminal Barang Area Kalimas.

Direktur Operasi KAI Logistik, Heri Siswanto menjelaskan, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal, jasa logistik termasuk dalam salah satu jasa yang perlu disertifikasi halal sebelum tanggal 17 Oktober 2024.

Produk Nasabah PNM Mekaar Laris Manis di Tokyo Gift Show 2024

"Karena bersinggungan erat dengan proses distribusi produk seperti makanan, minuman, kosmetik, farmasi, dan lain-lain," kata Heri di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 24 Juli 2024.

PT KAI.

Photo :
  • Dokumentasi PT KAI.
Taspen Catat Jumlah Peserta Capai 6,7 Juta hingga Agustus 2024

Selain untuk memenuhi aturan pemerintah tersebut, sertifikasi halal ini diakui Heri merupakan upaya pihaknya menggaet pasar di segmentasi jasa dan produk-produk halal di Tanah Air. Menurutnya, Indonesia sebagai salah satu negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, memiliki potensi besar dalam mengembangkan bisnis produk dan jasa industri halal.

Selain itu, lanjut Heri, langkah ini juga sebagai upaya memenuhi permintaan pelanggan multikomoditas, khususnya di bidang Fast Moving Consumer Goods (FMCG). Dimana sektor tersebut membutuhan pemberian jaminan keamanan kehalalan produk secara end-to-end di seluruh rantai pasok, tidak terkecuali pada proses distribusi produk.

Karenanya, melalui sertifikasi halal yang telah berhasil dikantongi ini, KAI Logistik dapat memberikan jaminan kepada pelanggan multikomoditas yang membutukan layanan angkutan petikemas berstandar halal.

Dimana, jaminan yang diberikan tidak hanya kepada proses penyimpanan dan pengiriman petikemas saat di Container Yard, namun juga mencakup proses pencucian petikemas yang akan digunakan sesuai Standar Operasional Prosedur pencucian petikemas secara halal. 

"Dan hal ini menjadi nilai tambah tersendiri bagi customer yang bekerjasama dengan KAI Logistik," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya