Bappenas Cari Maskot untuk Promosi hingga Branding Indonesia

dok: Bappenas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta – Kementerian PPN/Bappenas menggelar Kompetisi Maskot Indonesia untuk World Expo 2025. Maskot yang terpilih akan menjadi aset dalam upaya memperkenalkan Indonesia kepada dunia. 

Sosok Amich Alhumami Dinilai Layak Mengabdi di Sektor Pendidikan Nasional

Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Vivi Yulaswa mengatakan melalui kompetisi yang terbuka untuk umum ini, Indonesia berharap dapat memiliki maskot yang tidak hanya sebagai ikon promosi Indonesia di World Expo 2025 Osaka, tetapi juga sebagai nation branding.

“Maskot yang terpilih akan menjadi aset penting dalam upaya kami memperkenalkan Indonesia kepada dunia. Untuk itu, kami mengajak generasi muda untuk berpartisipasi dan bersama-sama membentuk citra positif Indonesia di kancah internasional,” ujar Vivi dalam keterangannya Selasa, 23 Juli 2024.

World Expo 2025 Osaka Bakal Dihadiri 28 Juta Pengunjung, RI Siap Pamerkan IKN

Vivi mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan total hadiah Rp 100 juta untuk 10 peserta terbaik. Sedangkan untuk menjaga objektivitas, sejumlah pihak digandeng menjadi tim juri, yaitu spesialis merek dan desain, perwakilan pemerintah, serta masyarakat.

Bappenas Kuningan (Gedung Baru)

Photo :
  • vivanews/Andry Daud
5 Pesawat N-219 Buatan Indonesia Bakal Mengudara di Kongo

“Kompetisi dibagi ke dalam 3 tahap, dan setiap tahap akan dinilai pakar desain dari Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I), Asosiasi Industri Animasi Indonesia (AINAKI), dan Jakarta Illustration & Creative Arts Fair (JICAF),” jelasnya.

Pada seleksi tahap pertama, tim juri akan menentukan 10 peserta terbaik dan mereka yang terpilih akan diundang untuk menerima penjelasan terkait proses pengerjaan maskot Indonesia dalam World Expo 2025 Osaka. Peserta terpilih juga akan mendapatkan asistensi dari mentor selama dua minggu dengan total empat sesi asistensi.

Setelah itu, para peserta diwajibkan mengirimkan desain terbaik mereka untuk mengikuti seleksi tahap kedua. Pada tahap ini, juri dari spesialis merek dan desain akan menilai dan memilih lima desain terbaik untuk maju ke tahap akhir.

Gedung Bappenas / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Penjurian akan dilakukan secara luring dengan bobot penilaian 50 persen dari aspek desain dan 50 persen dari aspek merek. Pada tahap terakhir, satu dari lima desain terbaik akan dipilih menjadi pemenang melalui mekanisme voting perwakilan pemerintah dan masyarakat.

Kompetisi maskot resmi dibuka hingga 27 Juli 2024 dengan mengirimkan portofolio desain dan data diri melalui tautan link.bappenas.go.id/MascotCompetition. 

“Kompetisi ini tidak hanya bertujuan untuk mencari maskot yang mewakili Indonesia di World Expo 2025 Osaka, tetapi juga sebagai ajang untuk meningkatkan keterlibatan dan kreativitas anak muda dalam membangun identitas bangsa, serta mendorong perkembangan ekonomi kreatif Indonesia,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya