Wings Air Delay, Penumpang Denpasar-Waingapu Terpaksa Terbang Besok Hari

Pesawat Wings Air (foto ilustrasi)
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

Denpasar – Maskapai Wings Air yang merupakan bagian dari Lion Air Group kembali menunda penerbangan atau delay pada Sabtu, 20 Juli 2024. Penumpang rute Denpasar (Bali)-Waingapu (NTT) dengan nomor penerbangan IW 1884 terpaksa diterbangkan besok, Minggu, 21 Juli 2024.

Senat Tetapkan Tiga Calon Rektor Universitas Udayana Periode 2024-2028

Setidaknya sebanyak 72 penumpang dalam penerbangan tersebut batal terbang. Penerbangan awalnya dijadwalkan boarding pukul 14.40 WITA, kemudian ditunda menjadi 15.30 WITA. Penumpang pun mulai resah menunggu, hingga akhirnya penerbangan hari ini diumumkan batal.

"Untuk hari ini (rute) Waingapu-nya tidak bisa berangkat. Berangkatnya 4.55 besok pagi. (Penumpang) Kita inapkan di sini (Bali)," kata I Gusti Pt Oka Adi Saputra, Leader Pax and Handling Lion Group Bandara I Gusti Ngurah Rai, di Bali, Sabtu, 20 Juli 2024.

DJ Tigerlily dan Sheila Marcia Sukses Guncangkan Rooftop Bar Tertinggi di Kuta

I Gusti Pt Oka Adi Saputra, Leader Pax and Handling Lion Group Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Photo :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

Ia menjelaskan, ada alasan teknis yang menjadi kendala dari batalnya penerbangan hari ini. Menurutnya, jika masalah teknis belum selesai, maka penerbangan baru bisa dilakukan besok hari pukul 4.55 WITA. Itu lantaran bandara Waingapu tidak menerima pendaratan lagi di malam hari.

Jusuf Kalla Usul Layar TV Dibagi Dua Tayangkan Adzan dan Misa Akbar

"Alasannya teknikal. Kalau kita terlalu lama kita tidak bisa masuk ke Waingapu, jadi jam 4 atau setengah 5 (terbang) tidak bisa landing di sana," katanya 

Ia mengaku tidak begitu tahu masalah teknikal seperti apa. "Kalau masalah teknikal kita kurang tau, karena dari engineer. Kita enggak tau juga, antara di baling-balingnya atau apa, kita enggak tau juga," katanya.

72 penumpang Lion Air itu pun diantar ke hotel bintang 3 di Bali, yaitu Hotel Losari dan Hotel Budhi. Namun, belum ada kejelasan soal ganti kerugian waktu, materi, bahkan nasib penginapan yang dipesan penumpang di Waingapu, Sumba Timur. 

Hotel bintang 3 yang jadi kompensasi pihak Wings Air karena delay

Photo :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

Terpisah, Corporate Communications Strategic of Lion Group, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, pihaknya memohon maaf atas kejadian ini. Ini semata karena disebabkan oleh alasan operasional.

Menurut Danang, Wings Air telah mengoptimalkan layanan operasional di rute ini untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan penumpang. Danang menyebut, Wings Air juga telah menjalankan kompensasi keterlambatan (delay management) sesuai dengan ketentuan yang berlaku sebagai bentuk tanggung jawab.

"Penerbangan IW-1884 dijadwalkan ulang dan akan berangkat pada Minggu, 21 Juli 2024 dari Bali ke Waingapu pada pukul 04.55 WITA," jelasnya.

Salah satu penumpang mengeluh penerbangan ke Waingapu batal. Diharapkan ada penerbangan lain ke Waingapu.

"Ya kita rugi waktu, tenaga, dan materi," katanya.

Pihak Kementerian Perhubungan tengah mengecek kejadian ini. Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati belum bisa memberikan pernyataan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya