Jokowi Ajak Uni Emirat Arab Bangun Pusat Keuangan di IKN

Presiden RI Jokowi dan Presiden UEA Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ)
Sumber :
  • Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan hasil pertemuan dengan Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA), Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) saat kunjungan kenegaraan pada Selasa, 16 Juli 2024. Menurut dia, ada dua isu utama yang menjadi fokus dalam peningkatan kerja sama bilateral, di samping isu-isu penting lainnya.

Kunjungan Apostolik Berakhir, Menag Ungkap Tiga Pesan Paus Fransiskus

“Ke UEA kita hanya membahas dua hal penting, meskipun ada banyak yang lainnya,” kata Jokowi di Bandung pada Jumat, 19 Juli 2024.

Presiden RI Jokowi dan Presiden UEA Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ)

Photo :
  • Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden
Jokowi Pakai Megaphone di Pasar Soponyono: 20 Oktober Saya Purnatugas, Mohon Pamit!

Pertama, kata Jokowi, pertemuan dengan Presiden MBZ membahas pembangunan pusat keuangan atau financial center di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Kata Jokowi, pemerintah ingin mempelajari sistem di Dubai International Financial Center (DIFC).

"Di situ ada sistemnya kita ingin tiru, rekrutnya seperti apa, membawa uang untuk bisa masuk ke financial center di Dubai seperti apa, DIFC," jelas dia.

Penjelasan Pramono Anung Soal Pengunduran Dirinya Resmi 22 September Sebab Ada Sidkab di IKN

Makanya, Jokowi mengatakan dilakukan penandatanganan sebuah nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dan DIFC. "Artinya, financial center yang di IKN ini nanti akan kita harapkan segera dibentuk dan segera bisa berjalan," ujarnya.

Kemudian, Jokowi menambahkan pembahasan dengan Presiden MBZ juga ditekankan terkait kerja sama dalam sektor nikel yang mencakup seluruh rantai nilai dari hulu hingga hilir, mulai pertambangan, produksi katode dan prekursor, pembuatan baterai kendaraan listrik hingga kendaraan listriknya.

"Saya kira kalau ini berhasil, kita harapkan bisa menguasai pasar 80-85 persen pasar dunia. Itu yang kita harapkan," tegas Jokowi.

[dok. Instagram @erickthohir]

Erick Thohir Ungkap Vale Lapor ke Jokowi soal Potensi Investasi Rp 169,4 T dengan VW hingga Ford

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, memberikan bocoran perihal isi pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan bos Vale.

img_title
VIVA.co.id
6 September 2024