Airlangga Serahkan ke Perbankan soal Perpanjangan Restrukturisasi Kredit KUR

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkapkan pemerintah akan memperpanjang restrukturisasi kredit khusus segmen Kredit Usaha Rakyat (KUR).

OJK Sanksi Sederet Perusahaan di Pasar Modal dan Cabut Izin Usaha Indosterling

Airlangga mengatakan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah memiliki panduan dan regulasi untuk melanjutkan kebijakan ini. Namun, untuk kebijakan ini akan diserahkan kembali kepada perbankan.

"Terkait dengan itu kan guidance-nya ada dan OJK regulasinya sebetulnya sudah sangat jelas untuk restrukturisasi kredit kan masing-masing dilakukan oleh perbankan masing-masing," kata Airlangga di Kementerian Perekonomian, Jakarta, Jumat, 19 Juli 2024.

Ketua OJK Tegaskan Sektor Keuangan RI Stabil di Tengah Tingginya Tensi Geopolitik

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Sementara itu, Airlangga melalui Instagramnya mengatakan bahwa pemerintah akan mengkaji kebijakan perpanjangan restrukturisasi kredit khusus segmen KUR.

Panduan Pakai Pinjol untuk Gen Z, Nomor 3 Penting Banget!

Hal ini disampaikannya dalam Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) di Kantor Kemenko Perekonomian bersama Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar dan pihak terkait.

“Salah satu kebijakan yang juga akan ditawarkan adalah perpanjangan restrukturisasi kredit khusus segmen KUR,” ujar Airlangga lewat Instagramnya @airlanggahartarto_official.

VIVA Otomotif: Ilustrasi kredit mobil

Photo :
  • Dok: OK Bank

Selain itu, kebijakan lain yang didiskusikan yakni, program dana KUR tahun 2024 akan terus dilanjutkan. Airlangga menilai, kondisi perbankan harus resilien untuk menjalankan program tersebut.

“Saya memimpin Rakortas terkait Kredit Usaha Rakyat (KUR) di mana program dana KUR tahun 2024 akan terus dilanjutkan. Perbankan dalam kondisi yang resilien untuk menjalankan program ini,” jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya