Tugas Thomas DjiwandonoSebagai Wamenkeu, Sri Mulyani: Susun RAPBN 2025

Menkeu Sri Mulyani bersama Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) II Thomas Djiwandono
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) II. Menteri Keuangan, Sri Mulyani pun membongkar sejumlah tugas yang akan dikerjakan oleh Thomas.

OJK Ungkap Nilai Transaksi Aset Kripto Juli 2024 Naik Jadi Rp 42,34 Triliun

Bendahara Negara ini mengatakan, Thomas nantinya kan fokus ikut menyusun Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

"Jadi memang fokusnya Mas Tommy akan ikut dalam penyusunan RAPBN 2025. Ini dalam proses tahap penyusunan, berdasarkan pembahasan degan DPR yang kemarin sudah dilakukan," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers Kamis, 18 Juli 2024.

OJK Masih Tunggu PP Program Tambahan Pensiun Bagi Pekerja, Siap-siap Gaji Bakal Kena Potongan Lagi

Sri Mulyani pun mengatakan, masuknya Thomas akan membuat seluruh komunikasi lebih mudah di masa transisi ke masa pemerintahan presiden terpilih Prabowo Subianto.

Wamenkeu Thomas Djiwandono saat pelantikan di Istana Negara

Photo :
  • Setpres
DPR Tolak Usulan Sri Mulyani soal Kaji Ulang Dana Pendidikan 20 Persen dari APBN

"Masuknya Tommy, akan membuat seluruh komunikasi jauh lebih mudah. Kalau kemarin biasanya mengundang, sekaligus menanyakan apa maksud masuknya Mas Thomas," jelasnya.

Adapun Thomas dalam menjalankan tugasnya di Kementerian Keuangan akan bekerja sama dengan Suahasil Nazara yang sebagai Wakil Menteri Keuangan I.

"Pak Thomas Djiwandono sebagai wamenkeu akan bekerja sama dengan Pak wamenkeu yang sekarang tentu adalah Pak Suahasil Nazara, dan juga seluruh pejabat eselon I. Untuk bisa menjalankan tugas mengelola keuangan negara, menjalankan tugas sebagai bendahara negara bersama-sama dengan kita dan terus menggunakan instrumen keuangan negara untuk bisa merespons dinamika perekonomian global dan nasional yang terus meningkat," imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik tiga orang Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Kamis, 18 Juli 2024. Adapun, wakil menteri yang dilantik dua orang di antaranya merupakan kader Partai Gerindra.

Presiden Jokowi mengambil sumpah jabatan kepada tiga Wakil Menteri yang dilantik tersebut. Sebelum membacakan sumpah jabatan, Presiden Jokowi menanyakan terlebih dahulu kepada mereka yang mau dilantik.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

“Sebelum saya mengambil sumpah janji, bersediakah saudara diambil sumpah janji menurut agama masing-masing?,” kata Jokowi dijawab bersedia oleh tiga Wakil Menteri.

Demi Allah saya bersumpah. Demi Tuhan saya berjanji. Bahwa saya, akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara.

Bahwa saya, dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya