Dairi Prima Minera Komitmen Genjot Pembangunan Masyarakat di Wilayah Kerja, Ini Buktinya

[dok. Humas PT Dairi Prima Mineral]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – PT Dairi Prima Mineral (DPM) yang merupakan anak usaha PT Bumi Resources sebagai bagian dari Grup Bakrie, menegaskan komitmen terhadap pertumbuhan ekonomi, program sosial kemasyarakatan, penciptaan lapangan kerja, dan pelestarian lingkungan di sekitar Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara yang merupakan wilayah kerjanya.

Indonesia Infrastructure and Finance Compact Diluncurkan Fokus Pembiayaan Ini

"Sebagai salah satu perusahaan tambang terbesar di Sumatera Utara, DPM memainkan peran krusial dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Investasi besar yang dilakukan perusahaan ini telah membawa dampak signifikan pada perekonomian lokal dan nasional," kata pihak manajemen DPM dalam laporannya.

Kehadiran DPM di Kabupaten Dairi tidak hanya meningkatkan pendapatan daerah melalui pajak dan retribusi ke depannya, tetapi juga merangsang pertumbuhan sektor-sektor pendukung seperti transportasi, perhotelan, perdagangan local hingga sektor pariwisata.

Sosok Faisal Basri di Mata Sri Mulyani: Jujur, Tegas dan Bekerja Sepenuh Hati

North Pulau Laut Coal Terminal (NPLCT) - pelabuhan batu bara yang dikelola Arutmin, anak perusahaan PT Bumi Resources Tbk (BUMI)

Photo :
  • Dok. BUMI

Di sisi lain, manajemen memastikan bahwa DPM tidak hanya berfokus pada kegiatan operasional tambang semata, tetapi juga berperan aktif dalam mendukung program sosial kemasyarakatan. Melalui berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR), DPM telah memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Ray Dailo Ungkap Kunci Utama RI Jadi Kekuatan Baru Dunia

"Salah satu program unggulan adalah perbaikan infrastruktur dasar seperti jalan dan jembatan sebagai fasilitas umum lainnya," ujar manajemen.

Kontribusi lain DPM di sektor sosial adalah aktif dalam bidang pendidikan dan kesehatan. Ada pula program beasiswa bagi siswa berprestasi hingga ke luar negeri, dan pembangunan sarana sekolah telah banyak membantu masyarakat setempat.

Lokasi PT Arutmin Indonesia site Asamasam, anak perusahaan PT Bumi Resources Tbk

Photo :
  • Dok. BUMI

Dalam bidang kesehatan, DPM juga rutin mengadakan pengobatan gratis dan kampanye kesehatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pola hidup sehat.

Salah satu dampak positif kehadiran DPM yang paling dirasakan adalah penciptaan lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar.

"Hingga saat ini, DPM telah mempekerjakan tenaga kerja lokal dengan beragam keterampilan. Hal ini tidak hanya mengurangi angka pengangguran, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga di Kabupaten Dairi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya