Kapan Bantuan PKH Tahap 3 Cair? Dapat Saldo Dana Rp2,4 Juta dari Pemerintah

Ilustrasi pencairan dana bantuan sosial (bansos)
Sumber :

VIVA – Dilansir dari laman resmi Kementerian Sosial, bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2024 akan disalurkan dalam empat tahap sepanjang tahun ini. Tahap 1 disalurkan dari Januari hingga Maret 2024. Tahap 2 disalurkan pada bulan April, Mei, dan Juni 2024. Tahap 3 diperkirakan akan disalurkan dari Juli hingga September 2024. Tahap 4 direncanakan cair sekitar bulan Oktober, November, dan Desember 2024.

Buka Rekening di SeaBank Bisa Dapat Bonus Saldo Rp100 Ribu Gratis!

PKH menjadi program pemberian bantuan sosial bersyarat yang ditujukan kepada Keluarga Miskin (KM) di Indonesia. Sejak tahun 2007, pemerintah Indonesia telah melaksanakan PKH sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan. 

Program ini terbukti efektif dalam menanggulangi kemiskinan, terutama masalah kemiskinan kronis, dan telah mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia untuk mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI.

Gen Z Wajib Tahu! Ini 6 Strategi Menabung untuk Dana Pensiun

Penyaluran bansos sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH) (dok: Pos Indonesia)

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

PKH membuka akses keluarga miskin, terutama ibu hamil dan anak, untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka.

Cara Manfaatkan Pinjaman Online untuk Mulai Bisnis, Jangan Sampai Merugi!

Bantuan salo dana gratis PKH terbagi dalam beberapa komponen, termasuk kesehatan dan pendidikan. Komponen kesehatan diberikan kepada ibu hamil atau anak balita dengan total saldo dana sebesar Rp 1,2 juta per orang, sedangkan komponen pendidikan diperuntukkan bagi murid SD sebesar Rp 450 ribu, pelajar SMP Rp 750 ribu, dan SMA sebesar Rp 1 juta per tahun dibagi ke dalam empat pencairan dalam setahun.

Selain itu, PKH juga memberikan saldo dana gratis untuk lansia senilai Rp 2,4 juta dan disabilitas sebanyak Rp 3,6 juta, yang dicairkan tiga kali dalam satu tahun.

Melalui PKH, keluarga miskin didorong untuk memiliki akses dan memanfaatkan pelayanan sosial dasar kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, perawatan, dan pendampingan, termasuk akses terhadap berbagai program perlindungan sosial lainnya yang merupakan program komplementer secara berkelanjutan.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan, PKH terus berjalan dengan tujuan untuk mencapai keluarga sejahtera di Indonesia, serta mempertahankan taraf kesejahteraan sosial bagi keluarga miskin, penyandang disabilitas dan lanjut usia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya