GoTo Luncurkan Layanan Asisten Suara Dira Berbasis AI, Simak Keunggulannya

Goto, Gojek dan Tokopedia.
Sumber :
  • GoTo

Jakarta – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) meluncurkan 'Dira by GoTo AI', sebagai asisten suara dalam bahasa Indonesia berbasis Artificial Intelligence (AI) yang dapat digunakan di aplikasi GoPay.

Bisnis AI Data Center Menggiurkan

GoTo Chief Operating Officer, Hans Patuwo mengatakan, layanan Dira ini dapat digunakan oleh sebagian pengguna, dan akan terus diperluas ke seluruh pengguna sebelum nantinya tersedia di aplikasi Gojek.

"Dira merupakan asisten suara berbahasa Indonesia yang tidak hanya memberikan manfaat bagi pengguna, namun juga menjadi landasan untuk pengembangan inovasi AI GoTo lebih lanjut di masa mendatang," kata Hans dalam keterangannya, Selasa, 16 Juli 2024.

OJK Ungkap Nilai Transaksi Aset Kripto Juli 2024 Naik Jadi Rp 42,34 Triliun

Aplikasi Gojek.

Photo :
  • https://www.pymnts.com/

Dira yang merupakan singkatan dari Dikte Suara ini, didesain untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna, dan membantu mereka dalam menggunakan fitur aplikasi GoPay dengan lebih mudah serta melakukan berbagai transaksi lebih cepat menggunakan asisten suara dalam Bahasa Indonesia.

Dongkrak Kinerja, Begini Cara Taspen Bikin Lingkungan Kerja Harmonis dan Kolaboratif

"Dengan diluncurkannya Dira sebagai inovasi perintah suara berbasis AI pertama di industri fintech Indonesia, kami selangkah lebih maju dalam menyediakan aplikasi GoPay yang simpel dan dapat menjangkau semua," ujarnya.

QRIS GoPay

Photo :
  • Istimewa

Dia menjelaskan, untuk mengakses Dira di aplikasi GoPay, pengguna cukup mengakses ikon mikrofon yang terletak di pojok kanan atas halaman utama aplikasi GoPay untuk bisa langsung memberikan perintah suara.

Selanjutnya, pengguna akan diarahkan ke halaman transaksi terkait. Transaksi yang bisa diakses oleh Dira diantaranya adalah bayar tagihan listrik, transfer ke bank ataupun sesama GoPay, beli pulsa, mengganti PIN, dan banyak lainnya.

Secara rinci, Dira memberikan kemudahan dan akses bagi semua dengan cara seperti berikut:

Kemudahan

1. Dira mempersingkat durasi yang diperlukan untuk menyelesaikan satu transaksi. Sebagai contoh, untuk membayar tagihan BPJS kesehatan, dibutuhkan beberapa kali tap dan scroll hingga sampai ke halaman pembayaran BPJS. Dengan Dira, pengguna hanya perlu satu kali tap dan memberikan perintah suara untuk berbagai transaksi yang dibutuhkan sehingga menghemat waktu.

Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Photo :
  • Dok. Istimewa

2. Dira membantu pengguna dalam menavigasi fitur antarmuka aplikasi GoPay dengan lebih mudah, meminimalisir pencarian manual di halaman utama aplikasi dan memudahkan pengguna menemukan fitur baru dalam aplikasi GoPay.

Aksesibilitas

Dira menjadikan implementasi AI dapat dimanfaatkan lebih banyak pengguna, karena dapat diakses di aplikasi GoPay yang berukuran ringan. Sehingga, Dira dapat diakses di perangkat handphone apa saja, termasuk perangkat dengan kapabilitas terbatas, tanpa biaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya