Institut Teknologi Sains Bandung Berkontribusi dalam Pengembangan Teknologi dan Inovasi

Kontribusi Institut Teknologi Sains Bandung 
Sumber :
  • Istimewa

Bandung – PT. Bukit Muria Jaya (BMJ) adalah perusahaan terkemuka di Indonesia yang bergerak di bidang produksi kertas dan kemasan khusus.  PT Bukit Muria Jaya (BMJ) berkomitmen untuk mendukung pendidikan dan inovasi melalui berbagai program CSR dan kemitraan strategis.

Hadirkan Ribuan Produk Inovatif, Asia Gift Fair Indonesia 2024 Gaungkan Kolaborasi dan Investasi

Pada hari Senin 15 Juli 2024, PT Bukit Muria Jaya secara resmi menggandeng ITSB untuk berkolaborasi dengan program studi Teknologi Pengolahan Pulp dan Kertas ITSB berkaitan dengan Tri Darma Perguruan Tinggi. 

Dibidang penelitian PT. Bukit Muria Jaya (BMJ) dan ITSB sedang menjalin kerjasama mengenai Nanoselulosa, dimana karakteristik yang menarik dari nanoselulosa ini diantaranya memiliki luas permukaan yang sangat besar, modulus young tinggi, dan kekuatan tarik yang tinggi sehingga menjadikan nanoselulosa ini sangat potensial digunakan sebagai reinforced material pada kertas. 

Mahasiswa ITB Didorong Dalami Penelitian Terkait Pengolahan Air

PT Bukit Muria Jaya tertarik untuk memanfaatkan hasil penelitian ini dalam proses pembuatan kertas dan kemasan khusus yang dihasilkannya. Kerjasama juga tidak terbatas pada penelitian tersebut, namun juga pelatihan dan pengembangan keterampilan bagi mahasiswa, serta kesempatan magang.

Intip Teknologi Canggih Terbaru di Dalam Rumah

Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB) sebagai lembaga pendidikan tinggi swasta yang berfokus pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menyambut baik kolaborasi ini terutama dalam hal pengembangan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri, pemagangan mahasiswa dan juga kesempatan karier bagi calon lulusan.

Diharapkan, melalui kolaborasi ini, mahasiswa ITSB akan lebih siap menghadapi tantangan di dunia industri dan mampu berkontribusi secara signifikan dalam pengembangan teknologi dan inovasi.

“PT Bukit Muria Jaya sangat antusias dengan kerjasama ini. Kami berharap dapat berkontribusi dalam pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi di ITSB dan juga program-program yang sudah direncanakan akan dapat terlaksana dengan baik” Liem Khe Fung, Direktur Inovasi PT Bukit Muria Jaya.

“Kerjasama dengan PT Bukit Muria Jaya ini merupakan langkah strategis bagi kami untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing mahasiswa ITSB di dunia kerja. Sejalan dengan yang kami harapkan agar dapat memperkaya kurikulum, juga membuka peluang lebih besar untuk dapat menambah wawasan bagi dosen dan mahasiswa. Kami percaya bahwa dengan kolaborasi ini, para mahasiswa akan mendapatkan pengalaman berharga dan pengetahuan praktis yang dapat diterapkan langsung di industri,” kata Prof. Carmadi Machbub, Rektor ITSB.

Penandatanganan kerjasama ini menjadi hal yang penting dalam hubungan antara dunia akademis dan industri, yang diharapkan dapat membawa dampak positif bagi kedua belah pihak serta bagi perkembangan teknologi dan industri di Indonesia secara keseluruhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya