IDSurvey Tegaskan Dukung Dekarbonisasi untuk Transisi Energi di RD20

Ketua Koordinator Project Management Office (PMO) Bisnis Hijau IDSurvey Annisa Ayu Soraya.
Sumber :
  • Dok. IDSurvey

Jakarta – PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) selaku Lead Holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey turut andil mendukung Research and Development 20 (RD20) Summer School yang diikuti peneliti muda dari negara-negara anggota G20. Acara ini diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang merupakan anggota dari RD20 Summer School.

Indonesia Infrastructure and Finance Compact Diluncurkan Fokus Pembiayaan Ini

Ketua Koordinator Project Management Office (PMO) Bisnis Hijau IDSurvey, Annisa Ayu Soraya mengungkapkan BKI terus mendukung dekarbonisasi. 

"Ini merupakan event internasional yang diikuti oleh para peneliti muda (RD20) dari negara-negara anggota G20," katanya dikutip dalam keterangan tertulis, Selasa, 16 Juli 2024.

Sosok Faisal Basri di Mata Sri Mulyani: Jujur, Tegas dan Bekerja Sepenuh Hati

Ilustrasi energi hijau atau green energy.

Photo :
  • indoenergi.com

Dia memaparkan tentang bagaimana IDSurvey mendukung akselerasi dekarbonisasi di Indonesia untuk mencapai Nationally Determined Contribution (NDC) Target. Ia menegaskan komitmen IDSurvey dalam mengimplementasikan Nilai Ekonomi Karbon (NEK).

Ray Dailo Ungkap Kunci Utama RI Jadi Kekuatan Baru Dunia

"Ini sejalan dengan pencapaian target NDC dan NZE (Net Zero Emission) atau emisi nol bersih," katanya.

Bahkan, ia menegaskan, beragam penelitian meminta untuk menghindari dampak terburuk perubahan iklim, yakni  gas rumah kaca harus turun hingga setengahnya pada tahun 2030 dan mencapai NZE sekitar 2050. "Pilihan kebijakan untuk mendukung NZE meliputi sektor energi, lahan, limbah dan fiskal," bebernya.

Ia melanjutkan, era di mana keberlanjutan dan transisi energi merupakan hal yang sangat penting. Khususnya tema penelitian seperti transisi energi berkelanjutan, penilaian siklus hidup, ekonomi sirkular, dan pengelolaan Limbah.

"Hal ini membuka jalan menuju masa depan yang lebih seimbang secara ekologis," katanya. 

Selain itu, dengan mengkaji topik-topik inovasi seperti jaringan cerdas, kecerdasan buatan untuk transisi energi, dan sumber daya biomassa diakui penting dalam mendorong perubahan berkelanjutan.

"Tidak hanya berhenti pada perkembangan teknologi saja; hal ini meluas ke aspek sosial dan ekonomi melalui diskusi mengenai bangunan ramah Lingkungan, pembiayaan Inovatif, serta penangkapan dan penyimpanan karbon," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya