Kurangi Backlog Perumahan RI yang Capai 9,9 Juta, BTN Rangkul Developer Muda

ilustrasi perumahan (dok: BP Tapera)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN kembali menggelar pelatihan developer untuk generasi muda. Salah satu tujuannya untuk melahirkan developer-developer andal guna membantu pemerintah mengurangi backlog perumahan yang mencapai 9,9 juta.

Atasi Kebutuhan Perumahan di Jakarta, Begini Konsep yang Akan Dikembangkan Ridwan Kamil

Corporate Secretary BTN, Ramon Armando mengatakan, pelatihan ini bekerja sama dengan Dewan Pimpinan Pusat Real Estate Indonesia (DPP REI). BTN pun mendatangkan pakar-pakar di industri properti yang berbagi pengalaman sekaligus kiat untuk para developer muda agar bisa sukses membangun usaha di sektor properti.

"Pelatihan Developer Muda BTN ini merupakan lanjutan dari Pelatihan Developer Milenial yang sukses kita selenggarakan sejak 2022 hingga 2023 lalu," kata Ramon Armando dalam keterangannya, Senin, 15 Juli 2024. 

Hari Pelanggan Nasional, BTN Pertegas Komitmen Dongkrak Pelayanan ke Mitra hingga Nasabah

Ilustrasi perumahan.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurut Ramon, tujuan dari diselenggarakannya Pelatihan Developer Muda BTN ini diharapkan bakal melahirkan developer-developer andal yang akan membantu pemerintah mengurangi backlog perumahan di Indonesia yang angkanya masih mencapai 9,9 juta.

Kemenkeu Respons Rencana Prabowo Bentuk Badan Baru hingga Kementerian Perumahan

Selain itu jelasnya, BTN juga terus berkomitmen untuk membantu para pelaku usaha khususnya di sektor properti dalam hal pendanaan atau modal kerja konstruksi. Hal ini sekaligus membantu menyediakan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk proyek rumah yang dihasilkan oleh para developer.

"Selama ini para developer-developer muda ataupun pemula sering kali kesulitan untuk menjangkau akses perbankan. Melalui Pelatihan Developer Muda BTN diharapkan mereka bisa mengetahui bagaimana cara mendapatkan permodalan dari BTN sekaligus memasarkan proyek perumahan yang dihasilkan dengan skema kerja sama KPR yang disediakan BTN," ujar Ramon.

Dia menambahkan, selain di Pekanbaru acara Pelatihan Developer Muda BTN ini juga akan diselenggarakan di kota-kota lainnya di Indonesia, sehingga ke depannya akan terbentuk komunitas Developer Muda BTN yang terhubung satu sama lain di bawah binaan BTN dan DPP REI.

"Untuk tahun ini rencananya Pelatihan Developer Muda BTN juga akan diselenggarakan di kota-kota lainnya yang diawali dari Pekanbaru untuk regional Sumatera," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya