Beli Pelatihan Kartu Prakerja Sebelum 24 Juli, Supaya Saldo Dana Rp700 Ribu Tidak Hangus!

Ilustrasi uang rupiah
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Kartu Prakerja telah melakukan pengumuman kelulusan gelombang 70. Sebelumnya, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 70 sudah ditutup pada Senin, 8 Juli 2024 pukul 23:59 WIB.

Buka Rekening di SeaBank Bisa Dapat Bonus Saldo Rp100 Ribu Gratis!

Ada dua cara untuk mengecek apakah lolos atau tidak seleksi Kartu Prakerja, pertama kamu dapat login ke akun Kartu Prakerja menggunakan e-mail, NIK, atau nomor handphone dan password. Setelah login, kamu akan melihat keterangan lolos atau tidaknya kamu sebagai penerima Kartu Prakerja pada dashboard peserta.

Cara yang kedua yaitu peserta yang lolos seleksi akan menerima notifikasi melalui SMS dan email. Pemberitahuan ini dikirimkan pada tanggal pengumuman seleksi gelombang. Jika kamu tidak lolos seleksi Kartu Prakerja gelombang 70 tidak perlu khawatir, karena masih bisa mendaftar di gelombang selanjutnya.

Kemendagri Latih Pemdes Bisa Berinovasi Optimalkan Potensi Lokal, Peserta Apresiasi

Ilustrasi Kartu Prakerja

Photo :
  • ANTARA

Insentif kartu Prakerja hanya diberikan kepada peserta yang telah menyelesaikan pelatihan pertama, mengisi rating, ulasan, dan menyambungkan rekening bank atau e-wallet. Peserta Kartu Prakerja 2024 akan memperoleh total nilai manfaat sebesar Rp4,2 juta, dengan rincian Rp3,5 juta untuk biaya pelatihan dan saldo dana insentif sebesar Rp700 ribu.

Miris, Angka Kematian Ibu Saat Melahirkan di Indonesia Masih Tinggi

Lewat akun Instagram resmi Kartu Prakerja, diinformasikan bahwa peserta yang lolos wajib segera membeli pelatihan sampai batas waktu 24 Juli 2024 pukul 23:59 WIB.

Peserta Kartu Prakerja harus membeli dan mengikuti pelatihan pertama dalam waktu 30 hari setelah dinyatakan lolos seleksi. Jika melebihi batas waktu ini, Kartu Prakerja akan dinonaktifkan, dan saldo dan insentif Rp700 ribu akan hangus dan dikembalikan ke rekening Dana Kartu Prakerja.

Untuk membeli pelatihan dengan Kartu Prakerja, kamu harus memastikan saldo pelatihan mencukupi. Jadi, pastikan kamu sudah login terlebih dahulu, ya! Kemudian, mulailah memilih program pelatihan yang ingin diikuti melalui situs https://prakerja.karier.mu/ atau aplikasi Karier.mu yang dapat diunduh melalui PlayStore. 

Setelah memilih program, kamu akan diarahkan ke halaman "Konfirmasi Pembayaran". Masukkan Nomor Kartu Prakerja dan klik "Lanjutkan Pembayaran". Kamu akan menerima OTP melalui nomor yang terdaftar pada Kartu Prakerja. Setelah mengisi OTP, klik "Mulai Belajar". Kamu akan menerima kode redeem yang akan dikirimkan melalui email atau dapat dilihat pada dashboard Prakerja. Masukkan kode redeem pada halaman Karier.mu dan klik "Pakai Kode", maka program akan berhasil kamu dapatkan.

Setelah menyelesaikan pelatihan Kartu Prakerja, peserta harus mengisi survei kepuasan pelatihan yang tersedia di dashboard akun mereka. Survei ini wajib diisi oleh peserta sebagai bagian dari proses penyelesaian pelatihan.

Saldo dana insentif sebesar Rp700.000 dari Kartu Prakerja kemudian akan langsung masuk ke rekening peserta setelah mereka mencairkan dana insentif melalui bank dan e-wallet seperti DANA, Gopay, OVO dan lainnya. Jadi, pastikan membeli pelatihan segera, ya. Sebelum saldo dana gratis dari pemerintah hangus!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya